Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Dorong Kopi Muria Masuk ke Pasar Internasional

MURIANEWS.com, Kudus – Pemerintah Kabupaten Kudus terus berupaya untuk mendorong pemasaran kopi muria. Ditargetkan kopi muria bisa masuk pasar internasional.

“Kami akan berupaya terus supaya Kopi Muria bisa dipasarkan lebih luas,” jelas Plt Bupati Kudus HM Hartopo saat mengenalkan kopi muria di Graha Muria Colo, Sabtu (21/12/2019).

Ia mengatakan, Kopi Muria merupakan warisan zaman kolonial Belanda. Tepatnya pada tahun 1.908. Di wilayah Gunung Muria ada sebanyak 452 hektare lahan yang berpotensi untuk ditanami Kopi Muria. Apalagi, dalam satu hektarenya diperkirakan mampu memproduksi dua ton kopi.

“Tinggal petani kopi perlu ada pendampingan dari pemerintah,” ungkapnya.

Atas hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Kudus berupaya untuk mendorong peningkatan Kopi Muria. Pemerintah akan berupaya untuk memberikan bantuan kepada petani. Baik berupa alat pembuatan kopi hingga pendampingan kepada para petani kopi.

“Dari Naker, Perdagangan, pariwisata untuk bersama-sama bersinergi dengan permodalan pendampingan pelatihan untuk kopi muria harus diagendakan untuk kedepan,” jelasnya.

Tak hanya itu saja, Hartopo pun meminta kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah Kabupaten Kudus untuk menyedikan Kopi Muria. Kopi Muria ini sebagai konsumsi minum yang bersumber dari anggaran minum.

“Selain itu juga, kalau kepala desa ke tugas ke luar kota untuk membawa Kopi Muria. Ditunjukan di kenalkan bahwa ini Kopi Muria,” jelasnya.

Dengan demikian, Kopi Muria dapat dikenal masyarakat luas. Tidak hanya Kudus saja, melainkan bisa ke pemasaran internasional.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...