Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Panitia Pilkades di Desa Regaloh Pati Siapkan Dua Kursi Roda untuk Penyandang Disabilitas

MURIANEWS.com, Pati – Panitia pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (pilkades) di Desa Regaloh, Kecamatan Tlogowungu menyediakan dua kursi roda untuk memfasilitasi para penyandang disabilitas. Hal itu dilakukan untuk mendongkrang partisipasi pemilih dari kalangan difabel.

Juaris, Ketua Panitia Pilkades Desa Regaloh mengatakan, sesuai dengan dengan Peraturan Bupati (perbup) Nomor 52 Tahun 2019 tentang Kepala Desa, panitia pilkades harus menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ramah difabel.

”Dari situ, kami mencoba untuk membuat trobosan dengan menyediakan kursi roda selain TPS khusus difabel. Tujuannya supaya pemilih difabel bisa memberikan suaranya,” katanya.

”Kami juga menyediakan petugas pengantar yang mendorong kursi roda sampai proses penyoblosannya selesai dilakukan,” tambahnya.

Hal itu ia lakukan lantaran di desa tersebut memang ada belasan penyandang disabilitas. Selain itu juga ada banyak lansia yang membutuhkan pendamping saat mencoblos di bilik suara.

“Petugas kami mengantar hanya sampai pada bilik suara. Kemudian setelah selesai mencoblos, mereka kami arahkan ke kotak suara hingga pembubuhan tinta,” imbuhnya.

Dirinya berharap, penyelenggaran pilkades di Regaloh ini dapat berjalan lancar dan kondusif. Sehingga, pelaksanaannya aman dan nyaman sampai penghitungan suara.

“Pada prinsipnya, semuanya sudah siap dan kami upayakan pelaksanaan pilkades dapat berjalan lancar hingga akhir. Petugas keamanan juga terus memantau situasi di lapangan,” tutupnya.

Seperti diketahui, Desa Regaloh merupakan satu di antara 121 desa yang menggelar Pilkades Serentak 2019. Di desa ini ada tiga calon, yakni Rumijan Abdullah, Astuti dan Suwarno. Untuk suwarno sendiri merupakan petahana yang kembali mencalonkan diri dalam pilkades ini.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...