Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Setelah 13 Tahun, Jalan Lingkar Selatan Pati Akhirnya Dibuka Empat Lajur

MURIANEWS.com, Pati – Setelah 13 tahun dikerjakan secara bertahap, akhirnya Jalan Lingkar Selatan (JLS) Pati resmi dibuka empat lajur. Jalan tersebut diremikan oleh Bupati Pati Haryanto bersama dengan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII ( BBPJN VII) Semarang Akhmad Cahyadi, Jumat (20/12/2019).

Dengan pembukaan empat lajur tersebut, diharapkan bisa menjadi solusi untuk mengurai kemacetan yang ada di kota Pati. Itu lantaran, truk muatan berat diharuskan melewati JLS tersebut.

“Pengerjaan proyek ini masuk dalam paket preservasi rehabilitasi jalan Trengguli-Kudus-Pati-Rembang- Bulu. Khusus untuk JLS ini panjangnya adalah 12,38 kilometer, sementara lebarnya 19-20 meter,” katanya.

Menurutnya, proses pelaksanaan proyek tersebut dimulai pada 2006 lalu. Pada saat itu masih dijalankan oleh Pemkab Pati, yakni mulai dari pembebasan lahan hingga pengurukan. Kemudian pada 2007, pemkab menyerahkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hingga saat ini.

“Jalan ini sudah kami desain sedemikian rupa sehingga kendaraan berat bisa lewat di jalan ini dengan aman dan nyaman,” imbuhnya.

Kemudian untuk anggarannya sendiri, Pemkab Pati sudah mengeluarkan anggaran sebanyak Rp 17 miliar. Sedangkan dari Kementerian PUPR total anggarannya mencapai Rp 229 miliar.

“Tujuannya sendiri adalah untuk mengurai kepadatan lalu lintas dan mengurangi jarak tempuh. Kalau pengendara lewat Pati Kota, butuh waktu 15 menit. Tetapi kalau lewat JLS ini, hanya sekitar 10 menit,” jelasnya.

Sementara Bupati Pati Haryanto mengatakan, dengan adanya pembukaan empat lajur JLS ini, para pemudik natal dan tahun baru bisa lebih nyaman. Karena kendaraan berat akan difokuskan melewati JLS ini.

“Kami harap dengan adanya pembukaan JLS ini, para pengguna jalan, terutama yang lewat kota Pati, bisa lebih nyaman. Karena sudah tidak ada lagi kendaraan berat yang masuk kota,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...