Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

2021, Museum Kretek Kudus Diproyeksikan Naik Kelas

MURIANEWS.com, Kudus – Museum Kretek yang kini berstatus museum tipe C diproyeksikan naik kelas atau naik tingkat status pada tahun 2021 sampai 2022 mendatang. Pihak pengelola museum pun tengah mencoba melakukan pembenahan serta peningkatan kualitas. Baik dari segi pelayanan, maupun segi koleksi museum.

Kepala UPTD Museum Kretek pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kasman Sutiyono menjelaskan, ada beberapa jenis persyaratan dan kriteria yang harus dipenuhi terlebih dahulu untuk merubah status museum dari C ke B. Beberapa kriteria tersebut terkait dengan jumlah kunjungan wisatawan di tiap harinya.

“Selain itu, jumlah dan variasi jenis dari koleksi museum juga diperhitungkan apabila sebuah museum ingin naik kelas,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya tengah merencanakan strategi untuk menggaet pengunjung dengan cara memaksimalkan potensi yang ada pada Museum Kretek. Dalam hal ini, Kasman menyebut potensi yang bisa menopang adalah waterboom belakang museum kretek.

“Waterboom sangat meningkatkan kunjungan di Museum Kretek,” katanya.

Hanya, diakui atau tidak, kunjungan ke dalam museum cukup berbanding terbalik dengan kunjungan di waterboom belakang museum. Alur kunjungan pengunjung pun tengah direncanakan dalam hal ini.

“Dengan tujuan pengunjung juga masuk museum dulu sebelum ke waterboom,” ungkapnya.

Dengan begitu, lanjutnya, kunjungan ke museum bisa bertambah. Kasman juga tengah menyusun katalog untuk membantu wisatawan dalam memahami dan mempelajari barang-barang koleksi yang ada di museumnya tersebut.

“Jadi sekalian untuk memandu wisatawan,” lanjutnya.

Sedang untuk biaya pengembangan guna menaikkan kelas museum, pihaknya akan mengupayakan dari dana Bangub yang akan diajukannya pada 2020 mendatang. Selepas, DED atau rancang bangunan pengembangan Museum Kretek rampung.

“Untuk sementara kami akan maksimalkan dan tingkatkan pelayanan yang ada,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...