Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sepuluh Desa Peserta Pilkades di Pati Rawan Bentrok, Ribuan Personel Disiagakan

MURIANEWS.com, Pati – Polisi Resort (Polres) Pati mulai memetakan desa peserta Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun ini. Tercatat ada 10 desa yang dinyatakan rawan bentrok dan menjadi fokus perhatian petugas pengamanan.

Tak ayal, sebanyak 1.300 personel pun hari ini (20/12/2019) mulai disiagakan di masing-masing desa penyelenggara. Selain dari Polres Pati, ribuan personel tersebut juga berasal dari Polres tetangga, Brimob, TNI, maupun dari Satpol PP.

“Seribuan personel tersebut terbagi habis ke desa-desa yang melaksanakan pilkades. Harapannya jika ada desa yang terjadi permasalahan akan ada pasukan yang siap siaga,” tegasnya.

Polisi melakukan apel pergeseran pasukan pengamanan pilkades. (MURIANEWS.com/Cholis Anwar)

Meski begitu, pihaknya terus memantau perkembangan potensi kerawanan tahapan pilkades. Bahkan sebelumnya, tim forkopimda juga sudah melakukan monitoring beberapa desa untuk memastikan keamanan dan kesiapan.

“Kondisinya memang sangat cepat berubah. Dari awalnya hanya lima desa tapi setelah melewati tahapan kampanye kami mengubah daerah rawan menjadi 10 desa,” terangnya.

Ia menambahkan, saat ini upaya antisipasi pun terus dilakukan. Mulai dari penebalan pasukan hingga menyiapkan pasukan bersifat tertutup yang akan melakukan penggalangan terhadap tokoh-tokoh maupun calon kades.

“Kami juga telah menyiagakan personel bersifat mobile. Kami bagi lima kelompok sesuai distriknya masing-masing. Tiap kelompok disiapkan 30 personel dengan dilengkapi kendaraan bermotor maupun mobil. Tim tersebut juga akan dibantu dari personel TNI yang akan turut menghandel bilamana terjadi permasalahan,” ujarnya.

Pihaknya pun memastikan jika jalannya pesta demokrasi di tingkat desa itu bakal berlangsung sesuai dengan azasnya. Yakni bebas, rahasia, langsung, aman dan nyaman.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...