Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Orang Tua Punya Anak Disabilitas Harus Diberi Dukungan

MURIANEWS.com, Jepara – Setiap orang tua  pasti menginginkan anaknya lahir dan hidup normal seperti anak pada umumnya. Namun terkadang Tuhan berkehendak lain, dan harus dapat menerima dengan penuh ikhlas, meski anak yang diamanahkan memiliki disabilitas.

Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Jepara Ny Hesty Nugroho mengatakan, orang tua  para disabilitas harus memiliki mental kuat dan tetap harus bisa bersyukur atas karunia pada diri anak mereka. Mereka para disabilitas dan orang tua masing-masing harus mendapatkan dukungan dari semua pihak.

Ini dikatakannya,  saat menyerahkan bantuan bagi penyandang disabilitas. Kegiatan ini dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Jepara, Rabu (18/12/2019).

Menurutnya, dukungan kepada para orang tua yang saat ini mempunyai anak disabilitas (keterbatasan) sangat dibutuhkan. Mereka para orang tua harus memiliki semangat untuk mengasuh anak-anak mereka. Dukungan dan bantuan terhadap mereka akan sangat berarti bagi kehidupan mereka.

“Perasaan syok pasti menyelimuti hati orang tua, demi mengetahui keterbatasan anaknya. Namun perasaan itu harus diusir secepat mungkin. Karena anak butuh perhatian dan kasih sayang,” ujar Hesti Nugroho.

Dikatakannya juga, tidak mudah menjalani peran sebagai orang tua untuk anak berkebutuhan khusus (disabilitas). Selain harus rajin mengikuti anak untuk berbagai perawatan, juga harus telaten dan super sabar untuk mendidik anak.

Bagi anak berkebutuhan khusus, perhatian dan kasih sayang dari keluarga yang paling dibutuhkan. Jika pihak keluarga menerima keadaan anak dan memperlakukannya dengan kasih sayang, maka pihak luar akan lebih mudah menerima kondisi sang anak.

Orang tua harus memastikan bahwa peranannya sebagai orang tua benar-benar maksimal.

“Keseharian seorang disabilitas tidak jauh dari kehidupan saya sendiri. Keponakan saya sebelumnya merupakan seorang penderita disabilitas. Namun kini anak tersebut telah berpulang kepada Allah SWT. Saya tahu bagaimana beratnya mengasuh anak disabilitas. Karena ini dialami sendiri olah kakak saya,” tambah Hesti Nugroho.

Menurutnya, di balik kekurangannya para difabel selalu mempunyai kelebihan. Misal dalam bermusik, menggambar, bercerita, sains, dan sebagainya.

”Orang tua harus mengetahui apa kesukaan anak dan biarkan anak mengeksplornya dengan tetap memberi bimbingan dan dukungan,” pungkasnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...