Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Harga Bawang Merah di Pati Merajai Pasaran

MURIANEWS.com, Pati – Pada umumnya, komoditas yang mengalami kenaikan harga menjelang perayaan Natal adalah daging. Namun, tahun ini justru berbeda. Harga daging relatif stabil. Sementara yang melonjak naik adalah harga bawang merah.

Hal itu diakui oleh Jasmi (35) penjual sembako di Pasar Rogowingso Pati. Dia menuturkan, saat ini harga bawang merah mencapai Rp 32 ribu per kilogram. Itu pun kualitas standar, dalam artian ada yang beras dan ada yang kecil.

“Kalau kualitas super (bawang merah yang besar-besar) harganya malah lebih mahal,” katanya, Rabu (18/12/2019).

Pada November 2019 lalu, harga bawang merah berkisar antara Rp 20 ribu per kilogramnya. Kemudian pada awal Desember 2019, harganya mulai naik menjadi Rp 25 ribu per kilogram. Sampai hari ini, harganya sudah naik lagi.

Ketika ditanya terkait pengaruh kenaikan, dirinya mengaku tidak begitu mengetahui. Mengingat, dia hanya mengambil dari pengepul dan selama ini tidak ada kesulitan.

“Harga bawang merah ini kan sering naik turun. Kalau kenaikan ini karena akan adanya Natal, bisa juga begitu. Tapi yang jelas, ini harga paling tinggi pada tahun ini,” jelasnya.

Meski demikian, tingginya harga bawang merah tersebut tidak memengaruhi para pembeli. Apalagi bagi warga yang mempunyai usaha warung.

”Yang beli tetap banyak, karena bawang merah kan kebutuhan. (Harga) Mau naik atau pun turun, tetap ada yang membeli,” ujarnya.

Dia membandingkan, pada tahun lalu, jelang Natal dan Tahun Baru harga bawang merah memang mengalami kenaikan, tetapi tidak terlampau tinggi. Sebab, pada saat itu memang musim panen.

Sementara saat ini, bukan masa panen. Kemudian ongkos transportasi dimungkinkan juga menjadi pertimbangan terkait naiknya harga jual bawang merah.

“Kalau pengepul naik, saya yang jual juga naik. Keuntungannya juga tidak seberapa. Yang penting dagangan laris manis,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...