Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Plt Bupati Kudus Prihatin Ada Temuan Alat Kesehatan dan Bangunan Mangkrak di Puskesmas

0 166

MURIANEWS.com, Kudus – Plt Bupati Kudus HM Hartopo turut prihatin atas temuan alat kesehatan dan ruangan mangkrak di sejumlah puskesmas di Kabupaten Kudus. Hartopo pun berharap agar berkoordinasi untuk melakukan rawat alat kesehatan.

“Saya merasa prihatin atas temuan komisi D saat sidak belum lama ini,” jelasnya saat menghadiri pengarahan kepala UPT Puskesmas di RSUD dr. Loekmono Hadi, Rabu (18/12/2019).

Ia mengatakan, sebelumnya ada kegiatan sidak yang dilakukan oleh komisi D DPRD Kudus. Sidak dilakukan disejumlah UPT Puskesmas di wilayah Kudus. Hasilnya, adanya bangunan mangkrak dan alat kesehatan yang tidak digunakan.

“Sidak Komisi D kemarin itu mengenai anggaran yang diberikan untuk pemberian alat ataupun pembangunan fisik. Saya lihat di sini untuk bangunan mangkrak tidak dipakai sama sekali. Banyak alat sudah dibeli juga mangkrak. Ini semua masyarakat tahu,” ujar dia.

Baca: Sidak Puskesmas Mejobo, Komisi D DPRD Kudus Temukan Alat Kesehatan dan Ruangan Mangkrak

Ia menegaskan, apabila alat kesehatan yang tidak digunakan ternyata sudah tidak dipakai, ia berharap kepada puskesmas untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

“Kalau memang tidak terpakai bisa dilelang oleh bagaian aset Pemkab. Itu jika memang tidak terpakai,” jelasnya.

“Tapi kalau masih bisa difungsikan, tolong dirawat. Saya merasa prihatin dan terpukul atas temuan ini,” ujarnya.

Sebelumnya, komisi D DPRD Kudus melakukan sidak disejumlah puskesmas di wilayah Kabupaten Kudus. Hasilnya seperti di Puskesmas Mejobo ditemukan dua alat kesehatan berupa inkubator bayi yang tidak terpakai. Dibarikan begitu saja.

Sedangkan temuan lain, di puskesmas Jekulo ada alat kesehatan berupa rontgen  sudah ada sejak 2018 silam dan belum bisa digunakan karena izin belum keluar.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.