Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bertahun-tahun Rusak Parah, Warga Tanam Pisang di Tengah Jalan

0 146

MURIANEWS.com, Karanganyar – Warga Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, kesal dengan kondisi Jalan Blulukan Timur yang rusak parah. Bahkan kerusakan itu sudah terjadi sejak tiga tahun lalu, dan hingga kini belum ada perbaikan.

Karena kesal, warga pun menanami pisang jalan yang penuh berlubang itu. Apalagi saat hujan, lubang-lubang jalan itu tergenang air sehingga seperti kubangan.

Dikutip dari AntaraJateng, Rabu (18/12/2019), panjang jalan milik kabupaten itu yang mengalami kerusakan seitar 700 meter. Sejumlah pengendara baik roda dua maupun empat yang melintas harus ekstra hati-hati karena banyak lubang jalan tidak kelihatan akibat tergenang air hujan.

Santoso (53), warga Desa Blulukan menyebut, penanaman pohon pisang itu selain sebagai bentuk protes, juga sebagai tanda kepada pengguna jalan agar hati-hati. Sehingga pengendara tidak akan terperosok.

“Saya khawatir pengendara sepeda motor masuk lubang jalan lalu menyebabkan kecelakaan atau terjatuh. Karena, jalan yang berlubang pada musim hujan tidak kelihatan akibat tergenang air,” kata Santoso.

Menurut dia, warga minta ada respons dari Bupati Karanganyar untuk segera melakukan perbaikan. Paling tidak untuk sementara bisa ditimbun dengan material bekas bangunan, sehingga tidak membahayakan pengguna jalan.

Warga lainnya di desa yang sama Sukamto mengatakan protes warga tersebut masuk akal karena selama ini, kelihatan Pemkab tidak merespons dan membiarkan jalan itu rusak hingga sekarang.

Jalan tersebut menghubungkan Jalan Danliris dan Jalan Fajar Indah. Kedua jalur itu merupakan akses masuk menuju pintu Tol Klodran.

“Jika tidak ada respons, warga akan menambah pohon pisang di tengah jalan berlubang di Blulukan Timur itu. Bahkan, warga juga akan menanami rumput gajah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rayat Kabupaten Karanganyar Edi Sriyatno menyatakan, pihaknya sudah meminta Bina Marga untuk melakukan cek lapangan.

Hal itu, kata dia, untuk mengetahui ruas jalan Blulukan Timur Colomadu itu, masuk jalan kabupaten atau desa.

”Jika jalan kabupaten akan segera diperbaiki, tetapi pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pemerintah desa jika ruas jalan itu milik desa,” pungkasnya.

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha
Sumber: AntaraJateng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.