Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Pati Bagikan Dana Rp 888 Juta untuk Santunan Kematian

0 103

MURIANEWS.com, Pati – Sebagai upaya untuk meringankan beban para ahliwaris, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati menyalurkan dana sebanyak Rp 888 juta untuk santunan kematian. Dana tersebut dibagikan selama empat tahap.

Pada tahap keempat ini, ada sebanyak 187 ahli waris diberikan santunan kematian. Bantuan tersebut diserahkan oleh Bupati Pati Haryanto secara simbolis di Ruang Pragola Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Selasa (17/12/2019). Masing-masing ahli waris mendapatkan bantuan sebesar Rp 1 juta.

Diketahui, pada tahap pertama total bantuan mencapai Rp 289 juta. Sedangkan pada tahap kedua sebesar Rp 239 juta. Sementara untuk tahap ketiga Rp 173 juta.

Dan untuk tahapan ke empat ini sebesar Rp 187 juta. Dengan demikian, untuk tahun 2019 ini total sebesar Rp 888 juta.

Haryanto mengatakan, sasaran bantuan ini yakni penduduk miskin dan diberikan kepada ahli waris. Dia menyebut, penyerahan santunan kali ini merupakan tahap empat atau yang terakhir pada 2019 ini.

“Total santunan yang dianggarkan untuk periode setahun ini mencapai Rp 888 juta. Ini tahap terahir. Apabila ada yang belum mendapatkan akan dijadwalkan pada 2020 mendatang,” terangnya.

Dana santunan itu akan ditransfer langsung ke rekening virtual account ahli waris yang sudah dibuatkan oleh Dinas Sosial. Jadi, bantuan diserahkan secara nontunai.

“Tidak ada potongan sama sekali dalam penyerahan santunan ini. Para ahli waris menerima secara utuh,” katanya.

Haryanto menyebut, nominal bantuan memang nilainya bukan seberapa. Tapi paling tidak pemerintah telah berempati dan turut berbela sungkawa atas meninggalnya anggota keluarga.

“Kalau ada anggaran, kita naikkan lagi.  Dan kita akan ubah Perbub. Tapi untuk tahun 2021 nanti,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.