Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Alun-Alun Sering Jadi Ajang Pesta Miras, Pengamat: Satpol PP Justru Jaga Rumput

MURIANEWS.com, Pati – Beberapa pekan ini, Sabhara Polres Pati mendapati para remaja yang asyik menenggak minuman keras di tempat umum, seperti di Halaman Stadion Joyokusumo dan Alun-Alun Pati. Hal itu sangat menganggu kenyamanan masyarakat.

Apalagi, di Alun-Alun Pati yang sudah mempunyai perwajahan baru, juga digunakan para pemuda untuk pesta miras. Kemudian pada tengah malam, disinyalir juga ada segerombolan remaja yang melakukan balap liar di kawasan Alun-Alun Pati.

Melihat dan mendengar informasi tersebut, pengamat kebijakan publik Kabupaten Pati Darsono tidak bisa tinggal diam. Sebab, hal itu sangat meresahkan masyarakat. Apalagi, itu (alun-alun) adalah tempat keramaian dan akan sangat rawan apabila ada sekelompok orang yang pesta miras.

Dia mengatakan, dari sisi infraatruktur, renovasi alun-alun itu dinilai baik. Lantaran pemerintah ada perhatian terhadap fasilitas publik. Masyarakat juga menikmati hasil renovasi itu.

“Tetapi saya juga punya beberapa catatan, setelah fisiknya selesai, maka yang juga penting diperhatikan itu mengenai aspek keamanan dan kenyamanan,” katanya, Selasa (17/12/2019).

Dia beberapa kali juga mendapat informasi terkait pesta miras yang dilakukan oleh muda-mudi. Menurutnya, petugas kepolisian maupun Satpol PP harus mengantisipasi hal itu. Jangan sampai ketika alun-alun sudah bagus, tetapi justru kriminalitas juga ada di dalamnya.

“Yang juga perlu diperhatikan, jangan hanya alun-alun yang diperbaiki, tetapi fasilitas publik lainnya juga harus diperhatikan. Jangan sampai alun-alun hanya menjadi kosmetik, karena berada di depan kabupaten. Kita berharap yang lain juga diperhatikan,” jelasnya.

Baca : Asyik Tenggak Miras, Puluhan Remaja di Pati Digaruk Polisi

Kemudian menurut dia, yang tidak kalah penting adalah terkait fungsi Satpol PP. Selama pembukaan Alun-Alun Pati, Satpol PP justru dinilai hanya menjadi penjaga rumput agar pengunjung tidak masuk ke areal rumput alun-alun tersebut.

Seharusnya menurut dia, Satpol PP itu berfungsi sebagai penegak peraturan daerah (perda) dan penjaga keamanan, bukan sebagai penjaga rumput alun-alun.

“Ini lucu, kalau itu fasilitas publik, kenapa tidak dobolehkan untuk digunakan masyarakat. Tetapi kalau upacara para PNS, kok boleh digunakan?. Mending pagari saja rumput itu, dari pada harus dijaga Satpol PP,” tegasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...