Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jelang Natal-Tahun Baru Harga Daging Ayam di Pati Mulai Merangkak Naik

MURIANEWS.com, Pati – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, harga ayam di sejumlah pasar tradisional di Pati mengalami kenaikan. Namun, untuk harga daging sapi cenderung stabil.

Dari pantauan lapangan, harga daging ayam semula Rp 30.000 per kilogram, saat ini naik menjadi Rp 32.000 per kilogram. Sementara untuk daging sapi, harga relatif stabil di angka Rp 105.000 per kilogramnya.

Salah seorang penjual ayam potong di Pasar Tradisional Rogowongso Pati, Jumiseh (50) mengakui hal tersebut. Menurutnya, harga ayam berangsur naik mulai awal bulan ini.

“Kalau menjelang Natal dan Tahun Baru, rata-rata memang mengalami kenaikan. Ayam pun juga begitu. Kalau ayam kan sudah naik dari peternak. Kami yang menjual di pasaran, tentunya juga menyesuaikan harga,” terangnya, Selasa (17/12/2019).

Sementara pada November 2019 lalu, lanjut Jumiseh, harga ayam sempat mengalami penurunan hingga Rp 28.000 per kilogram. Namun, itu tidak berlangsung lama. Kemudian disusul dengan Desember, harga mulai kembali normal dan berangsur mengalami kenaikan.

Meski demikian, naiknya harga daging ayam tersebut tidak memengaruhi daya beli masyarakat. Jumiseh mengakui, setiap hari dirinya bisa menjual hingga 70 potong ayam di hari biasa. Namun, menjalang Natal dan Tahun Baru, penjualan bisa mencapai 100 potong ayam setiap harinya.

“Pengalaman tahun lalu, (setiap tahun baru) pasti banyak yang membeli. Bisa sampai 100 potong ayam setiap hari,” jelasnya.

Sementara Yanti (46) penjual daging sapi di Pasar Rogowongso mengaku tidak ada kenaikan pada harga daging sapi. Meskipun ada momen Natal dan Tahun Baru, harga tetap stabil di angka Rp 105.000 per kilogramnya.

“Tapi kalau menjelang Lebaran Idhul Fitri, itu biasanya baru terjadi kenaikan,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...