Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Grobogan Apresiasi Peran Media Sukseskan Pemilu 2019

0 43

MURIANEWS.com, GroboganKetua KPU Grobogan Agung Sutopo menegaskan, suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2019 lalu, salah satunya berkat peran dari media. Di mana, media yang ada di Grobogan bisa menyajikan berita yang dinilai cukup berimbang sehingga menjadi sarana edukasi dan informasi bagi pembacanya.

“Selama ini, komunikasi antara KPU dengan rekan media bisa terjalin dengan baik. Dengan demikian, berita yang disajikan rekan media selama ini, termasuk informasi pemilu bisa dipertanggungjawabkan karena ada konfirmasi dari KPU selaku pihak penyelenggara,” kata Agung saat membuka Evaluasi Peran Media dan Referensi Politik Masyarakat Grobogan dalam Pemilu 2019, Sabtu (14/12/2019).

Dalam evaluasi itu, pihak KPU menghadirkan dua pembicara. Yakni, Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jateng Sonakha Yuda, dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng Amir Machmud NS.

Komisioner KPID Jateng Sonakha Yuda menyampaikan, berita yang berseliweran, khususnya di media sosial belum tentu valid. Oleh sebab itu, jangan mudah percaya dengan berita yang muncul.

“Apalagi berita yang memuat informasi palsu atau hoax. Ciri-ciri berita hoax diantaranya adalah bernada bombastis, melebih-lebihkan, dan tidak masuk akal. Kuncinya, harus mencari kejelasan (tabayyun) dan klarifikasi terhadap berita yang muncul. Abaikan berita jika tidak masuk akal,” tegasnya.

Untuk menangkal hoax maka perlu memperketat aturan dan pengawasan serta penegakan hukum secara tegas. Kemudian, upaya lainnya bisa dilakukan dengan melakukan edukasi pada masyarakat.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.