Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pertama di eks-Karesidenan Pati, RS Mardi Rahayu Kudus Kini Bisa Pasang Ring Jantung

0 1.290

MURIANEWS.com, Kudus –  Rumah Sakit (RS) Mardi Rahayu Kudus menjadi rumah sakit pertama di wilayah eks-Karesidenan Pati yang melakukan katerisasi dan pemasangan ring (stent) jantung. Hal tersebut pun dilakukan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Memang kita ketahui angka penyakit jantung ini semakin lama semakin meningkat,” kata Direktur Utama RS Mardi Rahayu, Dr.Pujianto,M.Kes, saat jumpa pers, Sabtu (14/12/2019).

Ia mengatakan, saat ini penyakit kardiovaskular menyebabkan kematian 17,9 juta jiwa per tahun. Sekitar 85% kematian akibat penyakit kardiovaskular disebabkan oleh stroke dan serangan jantung.

“Semakin memprihatinkan karena lebih dari 75% kematian akibat penyakit kardiovaskular terjadi di negara dengan pendapatan rendah sampai menengah, termasuk Indonesia,” jelasnya.

Tidak hanya itu, jumlah pasien jantung di RS Mardi Rahayu Kudus pun setip tahun mengalami peningkatan. Dari data rawat inap di RS Mardi Rahayu ada sebanyak 60 pasien. Kemudian mengalami peningkatan menjadi 120 rawat inap.

“Ini artinya ada peningkatan 100 persen. Belum lagi yang rawat jalan, sebelumnya mencapai 600 pasien bisa mencapai 1.200 pasien,” terangnya.

Oleh karena itu, menyadari pentingnya ketersediaan pelayanan kesehatan untuk stroke dan penyakit jantung yang berkualitas, RS Mardi Rahayu terus mengembangkan pelayanan kesehatannya. RS Mardi Rahayu menyelenggarakan layanan pemasangan stent atau ring di jantung.

Sementar itu, dr. Agus Probo Suyono spesialis jantung dan pembuluh darah mengatakan, penyakit jantung penyakit yang berbahaya kedua setelah penyakit stroke. Meskipun demikian, ia mengaku ada kiat-kiat untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit jantung.

Lebih lanjut, penyakit jantung ada lima penyebabnya. Pertama karena kolestrol, rokok, gula, darah tinggi, dan faktor keturunan. Oleh karenanya, masyarakat bisa mengecek sekala rutin kesehatan di rumah sakit atau di rumah kesehatan.

“Selain itu juga bisa melakukan olahraga secara teratur, seperti lari, bersepeda, aerobik. Minimal sehari 30 menit. Dalam sepekan minimal lima hari,” pungkanya.

Sementara itu, tidak hanya mengembangkan upaya kesehatan kuratif melaui layanan kateterisasi dan pemasangan ring di jantung, RS Mardi Rahayu juga terus melakukan upaya kesehatan promotif dan preventif melalui seminar bagi masyarakat umum.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.