Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ada Sejarahnya, Jadi Alasan Prabowo Turun Tangan Lantik Kepala SMA Taruna Nusantara Magelang

0 4.952

MURIANEWS.com, Magelang – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Sabtu (14/12/2019) datang ke Magelang. Ia datang untuk melantik Mayjen TNI (Purn) Valentinus Suhartono Suratman sebagai Kepala SMA Taruna Nusantara Magelang.

Suhartono dilantik menggantikan Brigjen TNI Purn Soebagio untuk memimpin sekolah yang berada di Mertoyudan, Magelang tersebut.

Ada alasan sejarah mengapa Prabowo memutuskan untuk turun sendiri melakukan pelantikan dan menghadiri serah terima jabatan di sekolah ini. Sejarahnya tak lepas dari Jenderal Leonardus Benyamin (LB) Moerdani.

SMA Taruna Nusantara merupakan sekolah yang digagas oleh LB Moerdani saat menjadi Menteri Pertahanan dan Keamanan semasa Orde Baru. Oleh karenanya, Prabowo pun menyebut sekolah ini bukan sekolah biasa.

“Ini sengaja saya lakukan untuk menggarisbawahi bahwa SMA Taruna Nusantara ini bukan SMA biasa,” kata Prabowo dikutip dari detik.com.

Dalam sambutannya, Prabowo pun menyampaikan alasannya kenapa harus datang secara langsung tersebut. Karena ia menduga banyak orang akan bertanya-anya, kenapa seorang Menhan harus melantik kepala sekolah.

“Hari ini, kalau saudara perhatikan saya sebagai Menteri Pertahanan merasa perlu untuk datang dan melantik sendiri kepala sekolah yang baru. Mungkin ada yang merasa aneh di luar kebiasaan, seorang menteri melantik kepada sekolah SMA,” kata dia.

Ia pun bercerita bagaimanan proses sekolah ini didirikan. Menurut dia, awalnya sekolah ini didirikan di atas tanah milik TNI.

“Tujuan daripada mendirikan sekolah ini waktu itu, yang menggagas dan memprakarsai adalah Jenderal TNI LB Moerdani, Panglima Angkatan Bersenjata merangkap Menteri Pertahanan Keamanan dan sengaja lembaganya ditempatkan di Kementerian Pertahanan. Demikian saudara-saudara sekalian, terutama para siswa dan siswi, para pamong, para guru, demikian seharusnya kita mengerti dan memahami pentingnya sekolah ini,” beber Prabowo.

Menhan juga berpesan agar SMA Taruna Nusantara tetap menjaga visi dan misi yang digagas pendirinya Jenderal LB Moerdani menjadikan peserta didik di SMA TN sebagai pemimpin-pemimpin masa depan yang unggul, memiliki daya saing baik secara kompetitif di dunia internasional.

“Pesan saya laksanakan tugas ini dengan penuh amanah, penuh integritas dan tanggung jawab yang tinggi,” kata Prabowo seperti dikutip dari RmolJateng.com.

Menhan berharap agar SMA Taruna Nusantara terus mengembangkan sistem pendidikannya, baik kurikulum maupun sarana dan prasarana.

“Eranya sudah berkembang pesat, saya Menteri pertahanan RI selaku pelindung institusi pendidikan SMA TN akan selalu siap mendukung dan membantu kapanpun diperlukan,” tegasnya.

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha
Sumber: detik.com, rmoljateng.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.