Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bonus Raih WTP, DID Jepara Tahun 2020 Naik Jadi Rp 60 Miliar

0 76

MURIANEWS.com, Jepara – Keberhasilan Pemkab Jepara mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), berbanding lurus dengan penambahan dana dari pemerintah pusat. Pada tahun 2020 dipastikan Dana Instensif Daerah (DID) yang diberikan ke Pemkab Jepara bertambah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara Edy Sujatmiko membenarkan hal ini. Predikat WTP untuk tahun 2018 akhirnya membuat Pemkab Jepara mendapatkan reward penambahan dana DID.

Pemkab Jepara tahun 2020 dipastikan akan mendapatkan DID sebesar Rp 60 miliar. Jumlah ini meningkat hampir dua kali lipat jika dibandingkan dengan penerimaan DID tahun 2019 yang hanya sebsar Rp 32 miliar.

“DID merupakan instrumen fiskal berupa penghargaan kepada pemerintah daerah yang memiliki kinerja baik dalam kesehatan fiskal, pengelolaan keuangan daerah dan pelayanan publik. Tahun 2020 Jepara mendapatkan DID sampai Rp60 Miliar,” ujar Edy Sujatmiko, Sabtu (14/12/2019).

Dijelaskan, DID saat ini sudah masuk dalam APBD 2020. Penggunaannya sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat. Ada petunjuk tehnis yang disampaikan oleh pemerintah pusat, mengenai ketentuan penggunaannya dan pertanggung jawabannya.

Baca: Pemkab Jepara Sembilan Kali Berturut-turut Raih Predikat WTP

Memang dalam beberapa tahun, DID yang diterima oleh Pemkab Jepara berbeda-beda jumlahnya. Pada 2019 ini, Pemkab Jepara mendapatkan Rp 32 miliar. Sebelum-sebelumnya juga pernah mendapatkan hanya Rp 2 miliar. DID diberikan melalui Kementrian Keuangan RI, ke Pemkab Jepara.

“Selain DID, selama ini kan juga ada Dana Desa, Dana Alokasi Khusus dan Dana Alokasi Umum. Untuk DID 2020 sudah kita ketahui jumlahnya sejak beberapa bulan lalu. Sehingga sudah masuk dalam penganggaran APBD 2020 Jepara,” jelas Edy Sujatmiko.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.