Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jelang Libur Natal-Tahun Baru, Dishub dan Polisi Pati Sisir Bus Bobrok Berkeliaran

0 165

MURIANEWS.com, Pati – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2020 Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati bersama dengan Satlantas Polres Pati melakukan pemeriksaan kendaraan (ramcek) angkutan dan bus di Terminal Kembangjoyo Pati, Sabtu (14/12/2019). Pemeriksaan tersebut untuk memastikan layak dan tidaknya bus untuk mengangkut penumpang.

Dari pemeriksaan ini petugas ingin memastikan tidak ada angkutan bobrok yang tak laik jalan nekat digunakan untuk mengangkut penumpang.

Kabid Angkutan Umum dan Kendaraan pada Dishub Pati Eko Budi Santosa menuturkan, ada 40-an bus yang sudah dilakukan pengecekan. Dari jumlah tersebut, empat di antaranya dinyatakan tidak layak.

“Dari empat itu, tiga bus dinyatakan habis masa berlaku izin trayek dan satu bus dinyatakan melakukan penyimpangan izin trayek,” katanya.

Ditambahkan pula, keempat bus tersebut juga langsung dilakukan penindakan berupa tilang. Selain itu juga diminta agar memperpanjang izin trayek.

Menurutnya, ramcek itu akan terus dilakukan hingga tidak ada lagi angkutan maupun bus yang melakukan pelanggaran. Mengingat, angkutan harus memperhatikan keselamatan dan kenyamanan penumpangnya.

“Biasanya, saat Natal maupun Tahun Baru, ada banyak warga yang pulang ke kampung halaman menggunakan bus. Ada juga yang berwisata menggunakan jasa bus. Nah, kalau bus yang ditumpangi itu layak dan memiliki izin trayek, penumlang tidak waswas,” terangnya.

Eko mengimbau kepada pengemudi agar selalu melakukan pengecekan secara rutin kelaikan teknis maupun administrasi sebelum bus diopersikan. Selain itu, penting juga diperhatikan aspek kecepatan saat berkendara.

“Terkait jam kerja, jangan sampai melebihi batas waktu. Kemudian yang terpenting berikan pelayanan yang terbaik kepada penumpang,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.