Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Diresmikan, Puluhan PKL di Kawasan Kota Purwodadi Direlokasi ke Pusat Kuliner Katamso

0 121

MURIANEWS.com Grobogan – Pusat Kuliner Katamso yang dibangun pada lahan bekas terminal bus di jalan Brigjen Katamso Purwodadi akhirnya diresmikan penggunaannya, Jumat (13/12/2019). Peresmian pusat kuliner Katamso dilakukan Bupati Grobogan Sri Sumarni dengan ditandai pemukulan gong dilanjutkan penandatanganan prasasti dan pemotongan tumpeng.

“Alhamdulillah, pembangunan pusat kuliner Katamso ini akhirnya selesai dan hari ini sudah ditempati para PKL. Setelah pindah ke sini, saya doakan omzet para PKL makin meningkat,” kata Sri Sumarni, saat peresmian.

Menurut Sri, salah satu target dalam masa kepemimpinannya adalah merubah wajah kota Purwodadi agar lebih cantik lagi melalui Gerakan Cantik Kotaku, Bersih Lingkunganku. Untuk mempercantik ibukota Kabupaten Grobogan itu akan dilakukan dengan merevitalisasi trotoar dan saluran drainase, penataan kawasan publik seperti alun-alun dan bundaran simpanglima. Upaya mempercantik kawasan kota juga akan dikerjakan dengan membangun taman baru, penataan tempat untuk PKL dan sarana publik lainnya.

“Tahun lalu, sudah saya resmikan pusat kuliner Purwodadi di lahan bekas pasar pagi. Di sana, jumlah kios dan pedagangnya lebih banyak dibandingkan di sini,” ungkapnya.

Bupati Grobogan Sri Sumarni meresmikan Pusat Kuliner Katamso yang dibangun pada lahan bekas terminal bus di jalan Brigjen Katamso Purwodadi, Jumat (13/12/2019). (MURIANEWS.com/Dani Agus)

Pada saat peresmian, sudah banyak PKL yang mulai berjualan. Sri Sumarni dan para pejabat sempat berkeliling meninjau kios dan mencicipi sejumlah menu masakan milik PKL.

Sejumlah pedagang mengaku senang karena mendapatkan tempat berjualan baru. Dengan adanya tempat baru, mereka tidak perlu repot lagi bongkar pasang tenda ketika berjualan, seperti saat berada di trotoar jalan.

Sementara itu, Kepala Disperindag Grobogan Karsono mengatakan, pusat kuliner Katamso tersebut dibangun untuk merelokasi sebagian PKL yang sebelumnya berjualan di sekitar kawasan jalan Brigjen Katamso. Menurutnya, pembangunan pusat kuliner di lahan seluas 1.233 meter persegi tersebut dimulai pada bulan Juli ini hingga pertengahan November 2019.

Ia menambahkan, pembangunan pusat kuliner dialokasikan anggaran sebesar Rp 1,9 miliar. Sumber dana pembangunan pusat kuliner ini berasal dari dana insentif daerah (DID). Setelah selesai dibangun, pusat kuliner baru ini bisa ditempati 34 pedagang.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.