Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Disbudpar Kudus Data 116 Benda yang Diperkirakan Masuk Dalam Cagar Budaya

0 59

 

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus melakukan pendataan benda yang diperkirakan masuk dalam benda cagar budaya di Kota Kretek. Dalam pendataan tersebut, mereka mencatat ada 116 benda yang disinyalir sebagai beda cagar budaya.

“Dari jumlah itu ada sebagian yang merupakan benda yang disinyalir sebagai benda cagar budaya. Karena dianggap memenuhi beberapa unsur,” jelas Kasi Sejarah, Permuseuman dan Kepurbakalaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus RR. Lilik Ngesti W.

Ia mengatakan, jumlah tersebut lebih banyak jika dibandingkan dengan pendataan benda cagar budaya sebelumnya yang hanya 90 benda. Itu terjadi setelah pihaknya melibatkan lima personel Tim Pencatatan Benda Cagar Budaya.

Dari pendataan tersebut, benda yang dilakukan penelitian didominasi benda yang tidak bergerak. Beberapa benda yang diperkirakan menjadi cagar budaya selanjutkan akan dibuatkan naskah atau deskripsi.

“Sebelumnya, tim mencatat ada 166 benda cagar budaya. Namun setelah didata ilang ternyata sudah ada beberapa benda yang terdaftar di cagar budaya,” terangnya.

Rencananya, lanjutnya, hasil pendataan tersebut akan diserahkan kepada Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) untuk dikaji dan diteliti guna memastikan apakah cagar budaya tersebut bisa masuk ke dalam daftar cagar budaya tingkat kabupaten atau tingkat provinsi. Rencana pendantaan benda cagar budaya akan dilakukan setiap tahunnya.

“Ini agar data cagar budaya, apakah jumlah yang terdata sebelumnya masih tetap atau berkurang serta dimungkinkan ada perubahan karena sebagian besar juga dimiliki swasta,” tutupnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.