Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kuras Sumur, Seorang Kakek di Jepara Nyaris Pingsan Kehabisan Nafas

0 706

MURIANEWS.com, Jepara – Berniat menguras sumur, Mbah Legimin (60) warga Desa Kancilan, Kecamatan Kembang, Jepara, malah harus mendapatkan pertolongan. Kakek ini, diketahui lemas kehabisan nafas saat berada di dasar sumur. Wargapun geger dan harus berupaya keras menolongnya.

Kejadian ini berlangsung pada Jumat (13/12/2019) di sumur milik Suwardi (45) warga Desa Balong, Kembang, Jepara. Di dalam sumur yang memiliki kedalaman sekitar 15 meter tersebut, Mbah Legimin sempat nyaris pingsan karena tidak cukup mendapatkan pasokan oksigen.

Menurut Suwardi, dirinya memang sengaja memanggil Mbah Legimin untuk menguras air sumur miliknya. Karena kotor, dirinya berpikir air sumur harus dikuras lebih dulu.

Sehingga saat musim hujan, dan sumber airnya besar, air yang dihasilkan bisa lebih bagus kualitasnya.

Sekitar jam 09.00 WIB, Mbah Legimin turun ke dasar sumur. Namun baru beberapa menit, yang bersangkutan sudah mengeluh mengalami lemas. Kemungkinan, Mbah Legimin tidak cukup mendapatkan pasokan oksigen, karena kedalaman sumurnya.

“Melihat kejadian ini, saya terus memberitahu warga. Kemudian bersama-sama memberikan pertolongan semampunya. Kami juga melaporkan kejadian ini pada pihak berwenang,” ujar Suwardi.

Sementara itu, M Zainuddin, salah seorang petugas BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jepara, menyatakan begitu mendapatkan laporan pihaknya langsung ke lokasi. Sekitar pukul 10.15 WIB usaha evakuasi langsung diupayakan.

Kondisi Mbah Legimin memang sudah dalam keadaan lemas karena kekurangan oksigen. Namun upaya pertolongan warga yang menggunakan kompresor untuk memberi tambahan udara di dasar sumur cukup membantu. Sekitar 30 menit, usaha evakuasi akhirnya bisa dilakukan.

“Mbah Legimin akhirnya berhasil kami evakuasi. Meski dalam kondisi lemas, beliau bisa dikeluarkan dari dasar sumur. Langsung dibawa ke Puskesmas untuk mendapatkan pemeriksaan,” terangnya.

Usaha evakuasi selain dilakukan petugas BPBD Jepara, juga melibatkan beberapa relawan. Polsek Kembang, relawan, dan masyarakat desa setempat juga terlibat.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.