Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Usulkan Rp 2,2 Miliar untuk Beli Tanah Museum Purbakala Patiayam

0 537

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus mengusulkan anggaran untuk pembelian tanah museum Purbakala Patiayam yang terletak di Desa Terban, Kecamatan Jekulo sebesar Rp 2,2 Miliar. Pasalnya, selama ini museum tersebut masih menyewa tanah milik pemerintah desa setempat.

“Harapannya memang ada pembelian tanah oleh Pemkab Kudus. Karena saat ini milik desa,” jelas Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus Sutiyono, Jumat (13/12).

Ia mengatakan, selama ini pemkab menyewa tanah kepada pemerintah desa untuk Museum Purbakala Patiayam. Setiap tahunnya, harga sewa mencapai Rp 16 juta pertahun.

“Dulu senyawa Rp 12 juta. Kemudian setiap dua tahun naik. Sehingga sekarang sewanya Rp 16 juta dalam setahun,” ungkapnya.

Maka dari itu, pemkab berupaya untuk mengusulkan dana untuk pembelian tanah museum tersebut. Anggarana yang diusulkan sebesar Rp 2,2 miliar. Kebutuhan anggaran sebesar itu diusulkan tahun 2020. Dengan harapan setahun kemudian bisa diajukan bantuan pembangunan museum ke Pemerintah Pusat

“Tahun lalu kami diundang oleh pemerintah pusat untuk mendapatkan bangunan museum. Tapi kalah cepat dengan Kabupaten Tegal. Sehingga pembangunannya lebih berkembang di sana,” jelasnya.

Untuk lahan yang hendak dibeli masih berada di wilayah Situs Patiayam di Desa Terban. Luas lahan yang akan dibeli sekitar dua hektare. Pihaknya juga telah menyusun Detail Engineering Design (DED) atau bestek gambar kerja detail untuk ketiga kalinya.

“DEDnya sudah masuki paparan. Sehingga ketika selesai dan sudah bisa membeli lahan untuk dipengajuan ke pusat,” jelasnya.

Sementara itu, di koleksi Museum Patiayam, jumlah fosil yang ditemukan di Situs Patiayam mencapai ribuan fosil yang mayoritas merupakan hasil temuan warga. Adapun koleksi fosil yang berhasil ditemukan di kawasan Situs Patiayam, yakni Stegodon Trigonochepalus (gajah purba), Elephas Sp (juga sejenis gajah purba), Ceruss Zwaani dan Cervus Lydekkeri Martin (sejenis rusa), dan Rhinoceros Sondaicus (badak).

Selain itu juga, Brachygnatus Dubois (babi), Felis Sp (macan), Bos Bubalus Palaeokarabau (sejenis kerbau), dan Bos Banteng alaeosondaicus, serta Crocodilus sp (buaya) serta kapak genggam atau chopper.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.