Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PWI Pati Latih Pelajar Paham Jurnalistik

MURIANEWS.com, Pati – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pati berusaha keras untuk mengenalkan para pelajar terkait berjurnalistik yang baik dan benar. Hal itu agar mereka (pelajar) tidak mudah terpengaruh dengan berita bohong.

Kali ini, PWI bekerja sama dengan SMKN 2 Pati menggelar pelatihan jurnalistik. Dalam kegiatan yang berlangsung pada 11-12 Desember itu, ada sebanyak 40 siswa yang ikut ambil bagian.

Ketua PWI Pati M Noor Efendi mengatakan, keberadaan media bukan sekadar menyampaikan informasi dan memberi edukasi bagi masyarakat. Media juga berfungsi memberi hiburan bagi pembacanya.

“Karena itu, berjurnalistik yang sehat perlu ditekankan, baik oleh media arus utama (mainstream) maupun media sekolah. Praktik jurnalistik yang sesuai kaidah dan etika dapat menjamin penerapan fungsi media,” terangnya, Kamis (12/12/2019).

Lebih lanjut dia menjelaskan, keberadaan mading yang terkelola dengan baik dapat menjadi kontribusi positif bagi sekolah. Bukan hanya menjadi saran untuk menginformasikan kegiatan yang berlangsung di sekolah, mading juga menjadi media edukasi bagi warga sekolah.

Sementara itu, Ketua Panitia Siti Solekah mengemukakan, kegiatan bertema “Menggores Pena Melukis Peristiwa” tersebut untuk mengenalkan siswa tentang jurnalistik. Sekaligus membekali mereka kemampuan menulis berita.

“Ada program pengembangan media cetak sekolah berupa majalah dinding (mading) sehingga perlu menyiapkan SDM pengelolanya. Pelatihan jurnalistik ini mempersiapkan pengelolaan mading yang lebih baik,” terangnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...