Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Angin Kencang Mengamuk di Jepara, Satu Orang Luka Dilarikan ke RS

MURIANEWS.com, Jepara – Beberapa jam setelah digelar Apel Kesiapsiagaan Bencana, Rabu (11/12/2019), masyarakat Jepara langsung mendapatkan cobaan. Hujan deras disertai angin kencang, menerpa sejumlah tempat.

Di desa Langon, Kecamatan Tahunan, rumah Siswandono, warga RT 5 RW 3, mengalami kerusakan setelah tertimpa sebatang pohon weru berukuran besar yang tercerabut dari akarnya.

Selain itu belasan rumah mengalami kerusakan pada bagian atapnya akibat kencangnya angin yang bertiup.

Menurut Ketua RT setempat, Rhobi Shani, kejadian ini berlangsung sekitar jam 13.00 WIB. Hujan deras pada saat itu turun disertai angin. Tiba-tiba angin kencang datang dari arah barat menuju ke timur, dan menyapu beberapa rumah warga dan pepohonan.

Sebuah pohon weru setinggi kurang lebih 15 meteran, kemudian diketahui tidak kuat menahan kekuatan angin. Karena tercerabut akarnya, pohon yang berada di sisi timur rumah tumbang menimpa rumah Siswandono.

“Angin yang bertiup kencang menyertai hujan deras berlangsung sekitar 10 menitan. Beberapa atap rumah warga rusak. Sementara satu batang pohon roboh menimpa rumah Pak Siswandono ini,” ujar Rhobi Shani di lokasi kejadian.

Robohnya pohon weru yang menimpa rumah ini menimbulkan satu korban.  Putri pemilik rumah yang ada di dalam rumah, tertimpa reruntuhan genting.

Korban yang diketahui bernama Mifda Rahmawati mengalami luka cukup serius pada bagian kepalanya.

Baca: Jepara Tangguh Bencana, Dicanangkan Dalam Apel Kesiapsiagaan Bencana

Menurut Hamzah Saeroni, kakak Mifda Rahmawati, kejadian itu bersamaan saat adiknya masuk ke dalam kamar. Pas batang pohon ambruk menimpa atap rumahnya, puing-puing genting menjatuhi bagian kepala adiknya. Sehingga mengalami luka cukup serius.

“Adik saya dibawa ke RSUD Kartini Jepara. Bagian kepalanya mengalami luka karena kejatuhan genting. Mudah-mudahan tidak apa-apa,”ujar Hamzah.

Bagian tengah hingga belakang atap rumah Siswandono, sebagian besar mengalami kerusakan. Tim BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jepara langsung datang dan bersama warga melakukan evakuasi.

Selain rumah Siswandono, dalam kejadian ini bedeng mebel milik Gufron juga rusak tertimpa pohon tumbang. Selain itu, belasan rumah warga rusak ringan pada bagian atap.

Sementara itu, di Perumahan Kuwasharjo, Jepara,  sebatang pohon mangga juga roboh karena tercerabut akarnya. Tumbangnya pohon ini membuat akses Jalan Godbless III sempat tertutup. Warga langsung melakukan pembersihan hingga akses jalan kembali normal.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...