Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sidang Kasus OTT Bupati Kudus

Bupati Kudus Tak Mau Ditahan di Polda Jateng, Alasannya Karena Vitamin D

MURIANEWS.com, Semarang – Penahanan Bupati Kudus (nonaktif) HM Tamzil, sejak sepekan lalu dipindah dari Jakarta ke rutan Mapolda Jawa Tengah. Pemindahan ini seiring dengan mulai disidangkannya kasus dugaan jual beli jabatan yang menjeratnya.

Namun Tamzil mengaku keberatan ditahan di tempat itu. Ia pun mengajukan pindah tempat penahanan.

Pengajuan ini disampaikan secara tertulis dalam sidang dakwaan yang digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang, Rabu (11/12/2019). Tamzil memohon untuk dipindah di LP Kedungpane Semarang.

“Di Rutan Polda Jateng saya jarang kena sinar matahari,” ucapnya dalam persidangan perdananya.

Surat kesehatan terkait hal ini pun turut disertakan dalam surat permohonan. Surat keterangan, katanya, berisi tentang diagnosa dokter yang menyebut Tamzil kekurangan vitamin D karena kurang asupan cahaya matahari. “Saya membutuhkan kesehatan dalam persidangan,” katanya.

Selain lokasi penahanan, pihak Tamzil juga meminta akses mobil pribadinya yang sempat diblokir oleh KPK bisa kembali dibuka. Mengingat mobil tersebut bukan termasuk kendaraan ataupun item dari barang bukti atas kasusnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Majelis Hakim Sulistiyono menyatakan akan mempertimbangkan permohonan Tamzil. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa proses dan pertimbangan lain yang harus dimusyawarahkan terlebih dahulu.

Sedang pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK Helmi Syarif, menilai jika Tamzil belum saatnya untuk dipindah ke LP Kedungpane Semarang. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa saksi atas kasusnya yang ditahan di tempat tersebut.

“Ada beberapa saksi seperti Akhmad Shofian (Plt Sekdin BPPKAD Kudus) dan Agus Soeranto (Staf Khusus bupati Kudus),” kata Helmi Syarief.

Menurutnya, setelah saksi-saksi tersebut diperiksa, Tamzil bisa dipindahkan ke Kedungpane.

Sementara soal blokiran mobil, pihaknya akan mengecek terlebih dahulu berkas-berkas yang ada. Setelahnya bisa diputuskan apakah bisa dilepas blokir atau tidak.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...