Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Termasuk PWI, 43 Lembaga di Jepara Terima Penghargaan Penanggulangan Bencana

MURIANEWS.com, Jepara – Sebanyak 43 lembaga di Kabupaten Jepara mendapatkan penghargaan dari Plt Bupati Jepara Dian Kritiandi, atas peran sertanya dalam penanggulangan bencana kekeringan di Jepara. Perwakilan lembaga menerima langsung piagam dalam upacara apel kesiapsiagaan bencana, Rabu (11/12/2019).

Lembaga-lembaga yang menerima penghargaan dianggap telah membantu Pemkab Jepara dalam upaya penanggulangan bencana kekeringan tahun ini. Baik yang menyumbangkan dana CSR (Corporate Social Responsibilty), ataupun prakarsa-prakarsa lain terkait kekeringan di Jepara.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara Arwin Noor Isdianto menyatakan, musim kemarau tahun ini berlangsung cukup panjang. Dampaknya, 35 desa/kelurahan Jepara mengalami krisis air bersih. Sehingga pemerintah harus kerja keras untuk mencukupi kebutuhan warga melalui droping air bersih.

Dikatakan juga,  total anggaran penanganan bencana kekeringan di Kabupaten Jepara yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Jepara dan bantuan pihak ketiga seluruhnya berjumlah Rp 265.575.000. Dari jumlah tersebut sebanyak Rp 195.425.000 merupakan bantuan pihak ke-3.

“Karena itu, kami dalam kesempatan ini memberikan apresiasi sebesar-besarnya bagi sejumlah lembaga yang telah membantu Pemkab Jepara. Bantuan mereka sangat membantu kami dalam usaha menanggulangi bencana kekeringan,” ujar Arwin Noor Isdiyanto, Rabu (11/12/2019).

Sementara itu, Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi menyatakan, untuk menciptakan Jepara Tangguh Bencana dibutuhkan komitmen bersama. Termasuk keterlibatan pihak swasta, dan lembaga-lembaga yang ada di Kabupaten Jepara.

Apa yang sudah dilakukan lembaga-lembaga ini, diharapkan bisa memotivasi perusahaan dan lembaga lainnya untuk bisa bepartisipasi serupa, untuk misi kemanusiaan. Diharapkan ada lebih banyak lagi, lembaga atau perusahaan yang terlibat untuk melakukan kegiatan sosial.

“Saya sampaikan ucapan terimakasih, atas partisipasi dan kepedulaiannya untuk membantu masyarakat di Kabupaten Jepara, yang kekurangan air bersih beberapa waktu lalu. Peran serta lembaga-lembaga ini layak mendapatkan apresiasi,” kata Dian.

Beberapa lembaga yang mendapatkan penghargaan di antaranya PMI Kabupaten Jepara, Baznas Jepara,  KPP Pratama, Kanwil DJP Pertamina Jateng 1, Unisnu, BPN, Bank BPR-BKK Jepara, BRI Cabang Jepara, BPD Jateng, Bank Jepara Artha, Askowanu, HIMKI, Bawaslu dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jepara.

PWI Jepara memberikan perhatian dalam masalah kekeringan yang terjadi di wilayah Jepara beberapa waktu lalu. Selain melakukan droping air, PWI Jepara juga membuka dialog lintas lembaga untuk mengatasi kekeringan yang terjadi di Jepara.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...