Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jepara Tangguh Bencana, Dicanangkan Dalam Apel Kesiapsiagaan Bencana

MURIANEWS.com, Jepara – ‘Menuju Jepara Tangguh Bencana’ , menjadi tema utama dalam apel kesiapsiagaan bencana, yang digelar Pemkab Jepara, Rabu (11/12/2019). Apel diikuti oleh semua potensi penanggulangan bencana di halaman Kantor Bupati Jepara.

Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi menyatakan, apel yang digelar ditujukan untuk melihat kesiapan para aparat penanggulangan bencana di Jepara. Sekaligus sebagai ajang untuk semakin meningkatkan koordinasi dan komunikasi dalam menghadapi potensi bencana yang ada di Jepara.

Dikatakan oleh Dian Kristiandi, berdasarkan Indeks Risiko Bencana Indonesia (IRBI) Tahun 2013, Kabupaten Jepara berada pada urutan ke-209 tingkat nasional. Sedangkan untuk tingkat Provinsi Jawa Tengah, Jepara berada di urutan 15, dengan skor 163.

IRBI sendiri merupakan hasil penghitungan untuk multi ancaman dan diurutkan berdasarkan total skor dan total penduduk yang terpapar.

“Kegiatan ini penting, untuk meningkatkan koordinasi, menyatukan sikap dan tindakan kita, tidak hanya dalam mengantisipasi dan menghadapi bencana yang mungkin terjadi, tetapi juga dalam penanganan rehabilitasi dan rekontruksi pasca bencana di wilayah Kabupaten Jepara,” kata Dian Kristiandi.

Sementara itu, Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara  Arwin Noor Isdiyanto menyatakan kesiapan timnya. Saat ini untuk sumber daya manusia, BPBD memiliki 41 petugas organik, dan 500 relawan kebencanaan yang tersebar di kecamatan dan desa.

Khusus menghadapi musim hujan, BPBD Jepara juga sudah mempersiapkan sarana dan prasarana yang mungkin dibutuhkan. Di antaranya perahu karet berjumlah delapan unit, dan dua perahu lainnya.

Sedangkan untuk kepentingan darurat, pihaknya juga sudah menyiapkan 40 ribu karung plastik. Saat ini sebanyak 5.000 karung sudah didistribusikan ke Kecamatan Kalinyamatan untuk berjaga-jaga.

“Kami juga sudah kembali meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan seluruh pihak terkait. Baik dari lembaga pemerintah maupun relawan-relawan yang menyokong penuh tugas-tugas BPBD,” ujar Arwin Noor Isdiyanto.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...