Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Republik Ceko Jajaki Kerja Sama Industri Kayu dengan Jepara

0 84

MURIANEWS.com, Jepara – Kedutaan Besar (Kedubes) Ceko, menyampaikan keinginan untuk bisa mewujudkan jalinan kerja sama antara Repuplik Ceko dengan Kabupaten Jepara. Rombongan mereka hadir di Jepara, dan sempat meninjau sejumlah sentra produksi mebel.

Kepala Disperindag Kabupaten Jepara Ratib Zaini, menyatakan keinginan itu disambut baik. Namun langkah dan materi yang akan dibawa terlebih dahulu akan dikomunikasikan dengan pimpinan.

Delegasi Kedubes Ceko, memang sempat datang ke Jepara. Mereka datang berempat dipimpin Sekretaris Negara Menteri Urusan Luar Negeri Republik Ceko, Miloslav Stasek.

Selain bertujuan untuk membuka peluang kerja sama dan mempererat hubungan bilateral, pertemuan itu juga membahas pengembangan industri furnitur yang ada di Kabupaten Jepara.

“Kedatangan mereka memang berniat menjajaki kemungkinan dilakukan kerjasama di beberapa bidang. Kami masih akan berkomunikasi dengan pimpinan, sehingga manfaat setelah terjalinnya kerja sama dapat dirasakan masyarakat di Kabupaten Jepara,” ujar Ratib Zaini, Rabu (11/12/2019).

Dijelaskan oleh Ratib Zaini,  rombongan Kedubes Ceko saat berkunjung ke Jepara diajak meninjau sebuah industri mebel di Desa Ngabul, Tahunan, Jepara. Mereka melihat secara langsung proses produksi mebel di Jepara.

Miloslav Stasek juga mengapresiasi kualitas hasil kerajinan furnitur dari Jepara. Pihaknya berharap antara Kabupaten Jepara dan Republik Ceko dapat terjalin sebuah kerja sama, utamanya di bidang mebel kayu. Namun juga, tak menutup kemungkinan juga dalam sektor-sektor lain dari Kabupaten Jepara.

“Setelah kunjungan ini, delegasi Ceko meminta agar Pemkab Jepara bisa datang ke Kedubes Ceko di Jakarta, untuk pembicaraan lebih lanjut terkait yang akan ditawarkan Jepara,” ujar Ratib Zaini lagi.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.