Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pelantikan Kepala Desa di Kudus Terkendala Anggaran

0 238

MURIANEWS.com, Kudus – Pemerintah Kabupaten Kudus memastikan tidak memiliki anggaran untuk menggelar pelantikan kepala desa terpilih di 114 desa. Padahal, untuk pelantikan kades terpilih akan digelar pada 17 Desember 2019 mendatang.

“Untuk anggaran pelantikan memang dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) tidak ada alokasi pelantikan,” jelas Kabid Pemerintah Desa (Pemdes) pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Arif Suwanto.

Ia mengatakan, untuk alokasi pilkades tahun 2019 ini bersumber dari bantuan pemerintah daerah dan dana bersumber dari APBDes masing-masing desa. Sedangkan ketika ada sisa, uang tersebut tidak bisa digunakan untuk alokasi anggaran pelantikan.

“Bukan dari APBDes. Saat ini dari dinas PMD tengah berkonsultasi dengan Pak Plt Bupati Kudus,” lanjut dia.

Meskipun demikian, ada beberapa pilihan yang ditawarkan oleh Dinas PMD. Yakni untuk anggaran pelantikan diambil dari dana pribadi. Artinya, ada pilihan untuk iuran secara pribadi bagi masing-masing kepala desa di Kudus.

“Namun untuk kepastiannya masih menunggu hasil keputusan dari pertemuan Pak kepala dinas dengan Pak Plt Bupati. Termasuk nanti juga besaran iuran. Jika telah disepakati bersama,” ujarnya.

Terpisah Kepala Desa Terpilih di Desa Tumpangkrasak Kecamatan Jati Sarjoko Saputra mengatakan, siap meskipun jika nantinya akan ditarik secara pribadi untuk pembiayaan pelantikan kepala desa. Karena menurutnya, pelantikan kepala desa nantinya merupakan hal yang sakral.

“Pribadi secara saya siap. Lebih penting dari pada menilai anggaran. Saya pribadi membiayai anggaran pribadi. Tidak masalah dan menjadi beban,” ungkapnya.

Ia mengatakan, dari rencananya yang ada setiap kepala desa akan ditarif besaran iuran sebesar Rp 1,5 juta. Sebelumnya iuran sebesar Rp 2 juta. Meskipun demikian ia mengaku siap dan tidak masalah.

“Untuk program saya akan membenahi adminitrasi yang harus dibenar. Karena ini penting untuk menjalankan roda pemerintahan,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.