Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sekolah Abayasa di Pati Ini Padukan Kurikulum Tiga Negara

0 96

MURIANEWS.com, Pati – Kebanyakan lembaga pendidikan di Indonesia, dalam sistem pembelajarannya tidak lepas dari kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Mengingat, itu adalah prosedur baku yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Namun, di Yayasan Tirta Buwana Pati, justru mengusung konsep yang berbeda. Ada perpaduan tiga kurikulum sekaligus dalam sistem pembelajarannya.

Kerua Yayasan Tirta Buwana Irham Sodiq mengatakan, perpaduan tiga kurikulum itu adalah kurikulum dari Indonesia, Malaysia dan Mesir. Menurutnya, ketiganya hampir mempunyai konsep yang sama.

“Kebetulan juga, para pendiri yayasan maupun Lembaga Pendidikan PAUD Abayasa ini rata-rata memang dari luar negeri, dari Mesir dan Malaysia. Jadi, mereka akan menerapkan konsep yang didapat dari luar tersebut,” katanya usai peresmian PAUD Abayasa di Desa Sukoharjo, Kecamatan Margorejo, Pati, Rabu (11/12/2019).

Lebih lanjut, penerapan konsep tiga kurikulum itu nantinya tidak hanya sebatas pada lembaga PAUD, tetapi juga SD, SMP dan SMA. Hanya saja, saat ini pihaknya baru mempunyai lembaga pendidikan PAUD dan SD.

“Untuk merealisasikan ini, kami sudah berencana, setiap tahun akan membagun lembaga pendidikan baru. Untuk tahun ini yang sudah ada memang PAUD dan SD, untuk tahun depan, InsyaAllah kami akan membuat SMP Plus,” jelasnya.

Lebih lanjut, terkait perpaduan tiga kurikulum tersebut, pihaknya menamai dengan kurikulum Abayasa. Bahkan, diakui juga bahwa perpaduan kurikulum itu tidak ada di lembaga sekolah lain.

“Di Indonesia, kemungkinan baru lembaga kami yang akan menerapkan sistem perpaduan kurikulum tiga negara seperti itu. Kami juga sudah melakukan studi banding di yayasan dan lembaga lain untuk menopang perkembangan Abayasa ini,” jelasnya.

Dia juga berharap, dengan adanya konsep perpaduan tiga kurikulum tersebut dapat menjadi alternatif pendidikan di Pati. Apalagi, pihaknya juga menekankan akan mengajarkan pendidikan yang ahlusunnah an nahdliyah atau konsep pendidikan berwawasan Ke-NU an.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.