Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PKL Balai Jagong Kudus Sepakati Retribusi Sampah Rp 15 Ribu Per Bulan

0 74

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus mengumpulkan ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di Balai Jagong Kudus, Rabu (11/12/2019). Mereka dikumpulkan untuk berkoordinasi terkait kesepakatan retribusi sampah sebesar Rp 15 ribu setiap bulan.

“Yang tadi kami bahas adalah bahas terkait sampah. Kita sepakati tentang retribusi sampah Rp 15 ribu setiap bulan bagi PKL di Balai Jagong,” jelas Kepala Dinas Perdagangan Sudiharti.

Ia mengatakan, ada beberapa permasalahan yang menjadi kendala bagi PKL di Balai Jagong Kudus. Pertama adalah masalah sampah. Permasalahan timbul lantaran tak ada tenaga kebersihan yang rutin membersihkan Balai Jagong.

”Dari Dinas Pendidikan juga enggan ikut membersihkan karena sudah ada kontrak. Petugas di sana hanya merawat dan mengambil daun yang berguguran. Padahal sebetulnya dengan 25 petugas itu bisa merawat kebersihan termasuk masalah sampah ini,” ungkapnya.

Karena itu, Dinas Perdagangan melakukan koordinasi dengan dinas PKLH untuk mengambil menentukan retribusi sampah. Setelah disepakati bersama retribusi sampah ditarik sebesar Rp 15 ribu per bulan.

“Tadi keseluruhan sepakat kalau retribusi Rp 15 ribu per bulan,” jelasnya.

Selain membahas retribusi dinas Perdagangan juga membentukan paguyuban PKL yang ada di Balai Jagong Kudus. Hanya, pembentukan ini paguyuban PKL tidak diberikan kewenanangan secara leluasa, termasuk untuk melaukan penataan. Hal tersebut dibatasi oleh Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus.

“Untuk paguyuban memang baru dibentuk dan tugasnya kami batasi. Paguyuban itu tidak termasuk penataan. Itu semua ditangani oleh dinas untuk penataan. Kalau diserahkan paguyuban dikhawatirkan nanti ada main mata saat jual beli tempat,” ungkapnya.

Untuk saat ini ada sebanyak 230 PKL yang berjualan di Balai Jagong Kudus. Mereka tercatat dalam daftar PKL yang dimiliki oleh Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.