Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tengah Malam, Pusaka Kabupaten Blora Dikirab dengan Ritual Laku Bisu

MURIANEWS.com, Blora – Sehari menjelang peringatan Hari Jadi ke-270 Kabupaten Blora dilangsungkan acara kirab pusaka yang dilangsungkan Selasa (10/12/2019) dini hari. Kirab dilepas dan diikuti langsung oleh Bupati Djoko Nugroho, didampingi Wakil Bupati Arief Rohman dan seluruh unsur pimpinan se-Kabupaten Blora, mulai dari sekda, kepala OPD, camat hingga kades dan lurah. Kirab pusaka ini dilakukan dengan ritual laku bisu atau berjalan dengan diam atau tanpa berbicara sekalipun.

Kirab pusaka diberangkatkan tepat pukul 00.00 WIB dari pendapa rumah dinas bupati, dan selanjutnya mengelilingi pusat pemerintahan Kabupaten Blora sejauh kurang lebih 2 kilometer. Adapun rutenya adalah dari pendapa – jalan RA Kartini – jalan Dr Sutomo – jalan Gunung Sumbing – jalan Pemuda – jalan Arumdalu – jalan Kol Sunandar – jalan Nusantara – jalan KH A Dahlan – jalan Abu Umar dan finish di pendapa.

Sekretaris Daerah (Sekda) Blora Komang Gede Irawadi dalam kirab pusaka tersebut bertugas menjadi pembawa keris Kyai Bisma. Sedangkan pembawa pusaka lainnya adalah dari Peguyuban Pandemen Tosan Aji Toya Padasan yang diikuti para paraga dan pengombyong kirab lainnya dengan memakai pakaian adat Jawa.

Selain kalangan pejabat pemerintahan, pengombyong kirab juga diikuti oleh anggota Yayasan Mahameru Blora, Pendemen Tosan Aji Kuntul Ngantuk, Kadhang Penghayat Kepercayaan kepada Tuhan YME, Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi), dan Sedulur Sikep (Samin).

“Alhamdulillah, kirab pusaka berjalan lancar. Ini merupakan salah satu rangkaian Hari Jadi ke 270 Kabupaten Blora, untuk nguri-uri peninggalan budaya leluhur. Kirab kita lakukan dengan laku bisu sembari berdoa kepada Allah SWT agar Blora semakin sejahtera dan bermartabat,” ucap Bupati Djoko Nugroho, usai kirab.

Selanjutnya, Djoko meminta agar segera dipersiapkan pelaksanaan kirab budaya sebagai puncak peringatan Hari Jadi ke-270 yang akan dilaksanakan Rabu (11/12/2019) besok. Menurutnya, pada tanggal 11 Desember 1749 lalu merupakan momen pengangkatan Raden Tumenggung Wilatikto sebagai Bupati Blora yang pertama.

Sementara itu, Kepala Disporabudpar Blora Slamet Pamudji berharap, kirab pusaka itu kedepannya bisa menjadi daya tarik wisata budaya, karena dilaksanakan rutin setiap tahun. “Sebelum kirab, tadi juga ada pertunjukan seni cokek’an (gamelan) di pendapa dan selamatan atau tumpengan dengan mengundang masyarakat umum dari sekitar rumah dinas,” imbuhnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...