Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Arsip Perjuangan Rakyat Pati Saat Masa Revolusi Terus Ditelusuri

MURIANEWS.com, Pati – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Pati tengah serius mengadakan penelusuran arsip perjuangan rakyat Pati di masa revolusi tahun 1945-1949. Tidak lain, itu adalah untuk mengetahui peranan pejuang dan termasuk dari Pati dalam kancah kemerdekaan Indonesia.

Forum Grup Discusion (FGD) pun digelar dengan mengundang dosen sejarah, perwakilan sekolah, dan juga sejarawan.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pati Suwanto mengatakan, pihaknya sudah melakukan penggalian hingga ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Bahkan juga di Museum ABRI di Bandung dan Jakarta dan kemudian hingga ke Yogyakarta.

Namun, diakuinya cukup sulit untuk mencari referensi terkait peran serta perjuangan rakyat Pati. Hal itulah yang kemudian patut menjadi kajian bersama.

“Hanya beberapa yang ditulis. Barang kali dengan adanya kegiatan ini nantinya apa yang sudah ditulis menjadi lebih lengkap. Bisa dijadikan arsip dan sumber, dan bahan pengembangan lebih lanjut,” jelasnya, Selasa (10/12/2019).

Terkait minimnya referensi, lanjut Suwanto, karena memang Kabupaten Pati tidak mempunyai museum dan perpustakaaan yang mengoleksi apa yang telah diperjuangkan nenek moyang dahulunya. Ia menyebut, semua arsip sengaja dibuang oleh Belanda agar seolah tidak punya sejarah.

“Sumber di Pati sumber dua orang. Itu yang terlibat langsung dalam perjuangan selama tahun 45 hingga 49.  Ini nantinya akan dijadikan  catatan sejarah dan akan kita komparasikan dengan catatan yang ada,” ujarnya.

Sementara dari hasil akhir yang telah dikemas, diwacanakan menjadi muatan lokal di Sekolah Menengah Atas (SMA). Karena, selain memberikan informasi, diharapkan ada masukan untuk melengkapi dan membenarkan yang belum 100 persen kebenarannya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...