Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sidak Puskesmas Mejobo, Komisi D DPRD Kudus Temukan Alat Kesehatan dan Ruangan Mangkrak

0 445

MURIANEWS.com, Kudus – Anggota Komisi D DPRD Kudus melakukan inspeksi mendadak (sidak) di UPT Puskesmas Mejobo yang terletak di Desa Kesambi, Kecamatan Mejobo, Selasa (10/12/2019). Hasilnya, mereka mendapati ruangan hingga alat kesehatan yang mangkrak karena tidak pernah digunakan.

“Kegiatan ini sebenarnya memantau anggaran tahun 2019 untuk pembangunan renovasi gedung puskesmas yang hingga sekarang belum selesai. Tapi malah ada temuan ini,” jelas Ketua Komisi D DPRD Kudus Mukhosiron, Selasa (10/12/2019).

Ia mengatakan, sebelumnya pada tahun 2019 ini dari pemerintah daerah menganggarkan sebesar Rp 1,4 miliar untuk renovasi pembangunan Puskesmas Mejobo. Khawatir pembangunan tidak sesuai target maka dilakukan pengecekan.

Hanya ketika melakukan sidak, selain meninjau pembangunan juga menemukan ruangan dan alat kesehatan yang tidak terpakai. Ironisnya, alat tersebut tak dirawat sesuai dengan standar kesehatan yang berlaku. Bahkan, alat-alat seperti inkubator untuk bayi disimpan di ruangan yang kosong penuh debu.

“Alat kesehatan yang tidak atau belum terpakai harus disimpan dengan standar medis. Karena itu untuk kebutuhan medis. Kalau penyimpanan tidak sesuai berdampak pada kesehatan. Kami berharap bisa disesuaikan,” ujarnya.

Anggota DPRD Kudus Mukhosiron menemukan beberapa alat kesehatan yang tak dirawat saat melakukan sidak di Puskesmas Mejobo. (MURIANEWS.com/Dian Utoro Aji)

Selain itu, banyak ruangan kosong yang dan tak terurus dan terkesan digunakan sebagai gudang. Padahal, ruangan tersebut bisa dimanfaatkan sebagai kantor ataupun tempat rawat inap

Melihat temuan itu, pihaknya berencana mengundang 19 puskemas yang ada di Kudus. puskesmas tersebut diminta untuk melakukan presentasi terkait pelayanan higga pembangunan yang ada.

Anik Wilianti Kabid pelayanan dan SDK pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus mengatakan, untuk progres pembangunan renovasi puskemas Mejobo sudah mencapai 80 persen. Pihaknya yakin, pada tanggal 17 Desember 2019 akan selesai pembangunan tersebut.

“17 Desember 2019 akan selesai. Ini kita lembur,” ungkapnya.

Terkait dengan alat kesehatan yang tidak digunakan karena saat ini masih tahap pembangunan. Jika pembangunan selesai, alat kesehatan tersebut akan segera digunakan sebagaimana mestinya.

“Memang sebagian ruang akan dibongkar. Ketika jadi akan disimpan dan sudah mulai digunakan,” jelasnya.

Sementara itu, Mustika Wibowo Kepala UPT Puskesmas Mejobo mengatakan, terkait dengan alat kesehatan yang penuh debu, ia berdalih puskesmas sedang tahap pembangunan. Setelah pembangunan seldesai ia berjanji akan membersihkan dan segera untuk digunakan.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.