Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Diserbu Pendaftar, Ratusan Warga Ngantre Ikut Program Wirausahawan Baru di Kudus

0 87

MURIANEWS.com, Kudus – Program pencetakan 500 wirausahawan baru yang dibina oleh Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan UKM (Disnaker Perinkop dan UKM) Kabupaten Kudus ternyata diserbu calon-calon wirausahawan baru. Hingga bulan November 2019 kemarin, sudah ada 250 pendaftar kelompok calon wirausahawan baru. Padahal, setiap tahunnya hanya dibutuhkan 100 kelompok calon wirausaha untuk dicetak menjadi wirausahawan baru di Kudus.

“Hingga bulan November 2019 ini sudah ada sebanyak 250 proposal kelompok yang mendaftarkan menjadi calon wirausahawan baru tahun 2020,” jelas Anggun Nugroho Kepala UPTD BLK pada Disnaker Perinkop dan UKM Kabupaten Kudus, Senin (9/12/2019).

Ia mengatakan, untuk tahun 2019 ini sudah ada sebanyak 100 kelompok wirausahawan baru. Program tersebut juga akan berlanjut pada tahun 2020. Tercatat hingga November sudah ada 250 kelompok yang mendapatkan diri. Sedangkan kuota untuk tahun 2020 hanya 100 kelompok wirausaha baru.

“Sisanya 150 kelompok yang sudah mendaftar aken menjadi prioritas tahun depannya. Begitu seterus. Itupun harus kami verifikasi terlebih dahulu,” ujarnya.

Adapun untuk menjadi wirausaha baru tidak sulit. Pertama harus membentuk satu kelompok yang terdiri dari lima orang. Setelah itu membuat proposal untuk menjadi wirausaha baru. Baik mulai dari rencana wirausaha yang akan dilakukan.

“Kemudian didaftarkan ke kami. Kami akan lakukan evakuasi secara rinci. Ketika lolos akan mendapatkan pendampingan untuk menjadi wirausaha baru,” jelasnya.

Untuk anggaran, Pemerintah Kabupaten Kudus telah menganggarkan sebesar Rp 5,8 miliar dengan rincian Rp 5 miliar untuk anggaran wirausaha baru. Sedangkan Rp 800 juta untuk pelatihan bagi wirausaha baru tersebut.

“Untuk tahun depan sudah ada kelompok difabel lolos untuk mendapatkan pelatihan wirausaha baru,” tambahnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.