Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lutung Serang Perkebunan di Kudus

MURIANEWS.com, Kudus – Masyarakat Dukuh Bakaran RT 1 RW 8, Desa Piji, Dawe, Kudus, diresahkan dengan keberadaan lutung yang kerap mondar-mandir di perkebunan setempat. Akibatnya, sejumlah tanaman palawija hingga buah-buahan milik warga rusak.

Walau jumlahnya hanya seekor, lutung tersebut sempat masuk ke beberapa rumah warga yang letaknya tak jauh dari area perkebunan dalam dua pekan terakhir. Lutung juga sempat memecahkan satu tremos milik warga dan juga membuka genting rumah warga.

Ketua RT setempat Ansori menyebut jika serangan lutung sebenarnya telah terjadi sejak dua bulan lalu. Dengan jumlah lutung berjumlah empat ekor. Hanya, saat ini jumlahnya menurun.

“Baru beberapa hari ini saya menjumpai satu ekor saja,” ucapnya ketika ditemui awak media di kediamannya, Senin (9/12/2019) siang.

Lutung yang tersisa, lanjutnya, kerap memakan buah-buahan milik warga. Seperti rambutan, sawo, bahkan tanaman petai. Hingga beberapa ranting pohon banyak yang patah karena lutung tersebut.

“Banyak ranting yang patah karena jadi tempat berayun lutung,” katanya.

Pasminah, salah satu warga yang rumahnya diserang lutung tengah menunjukkan lokasi yang kerap jadi tempat singgah lutung di belakang rumahnya (MURIANEWS.com/Anggara Jiwandhana)

Lutung pagi ini juga memasuki rumah salah satu warga yang dekat dengan area kebun. Lutung masuk dan mengacak-acak dapur hingga pada akhirnya lari dan memecahkan tremos di rumah milik Pasminah.

“Tadi pagi masuk, terus kami pancing supaya keluar rumah, sekarang masih di belakang rumahnya,” lanjutnya.

Untuk jam berkeliaran, Ansori mengatakan jika lutung kerap kali terlihat di pagi dan siang hari. Para warga pun tidak bisa berbuat banyak karena takut lutung akan menyerang apabila didekati. “Belum ada tindakan apa-apa karena warga masih takut,” terangnya.

Sementara salah satu warga yang rumahnya dimasuki,  Pasimah (60), mengatakan jika lutung tiba-tiba masuk ke dalam rumah dan bergelantungan di atap rumahnya. Ketika hendak di usir, lutung tiba-tiba lari dan menyenggol beberapa perabot rumah tangga.

“Hingga termos saya pecah,” terangnya.

Sementara Kades Piji Dawe Nurul Mustaqim menambahkan jika pihaknya tengah menghubungi pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus untuk meminta bantuan evakuasi lutung. Dengan harapan, lutung bisa dievakuasi dan kembali ke habitatnya.

“Dan masyarakat bisa aman kembali,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...