Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dua Pekan Lagi, 450 Wirausahawan Baru di Kudus Terima Bantuan Modal dari Pemkab

0 202

MURIANEWS.com, Kudus – Ratusan wirausaha baru binaan Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan UKM (Disnaker Perinkop dan UKM) Kabupaten Kudus baru akan segera mendapatkan modal sebesar Rp 10 juta. Modal tersebut akan cair maksimal tanggal 20 Desember 2019 mendatang.

“Untuk wirausaha baru itu, modalnya akan baru cair dalam waktu dua pekan ke depan. Targetnya sebelum pada 20 Desember 2019,” jelas Anggun Nugroho Kepala UPTD BLK pada Disnaker Perinkop dan UKM Kabupaten Kudus, Senin (9/12/2019).

Ia mengatakan, saat ini plt Bupati Kudus tengah melakukan penandatanganan surat keputusan tentang pencairan modal bagi wirausaha baru tersebut. Praktis untuk pencairan butuh waktu lebih dari sepekan.

“Untuk tahun 2019 ada 500 wirausaha baru. Dengan 50 wirausaha baru sudah diberikan latihan dan sudah mendapatkan modal. Sedangkan ini modal yang akan cair bagi 450 wirausaha baru,” jelasnya.

Ia menyebutkan, 450 wirausahawan tersebut dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompoknya terdiri dari lima orang. Di masing-masing kelompok akan mendapatkan Rp 50 juta. Dengan rincian satu orang mendapatkan modal sebesar Rp 10 juta.

“Perkelompok Rp 50 juta, dengan rincian satu orangnya mendapatkan modal wirausaha sebesar Rp 10 juta,” jelasnya.

Jumlah tersebut, juga termasuk wirausaha bagi difabel di Kudus. Untuk tahun 2019 ini ada sebanyak satu kelompok yang termasuk pada 500 wirausaha baru.

Adapun untuk anggaran wirausaha baru setiap tahunnya sebesar Rp 5 miliar. Kemudian ditambah dengan anggaran untuk pelatihan sebesar Rp 800 juta.

“Jika ditotal anggaran untuk wirausaha baru sebesar Rp 5,8 miliar,” pungkasnya.

Seperi diketahui, bahwa program 500 wirausaha baru adalah program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Kudus HM Tamzil dan HM Hartopo selama 2018-2023. Keduanya berkeinginan untuk mencetak 500 wirausaha baru di Kudus.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.