Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Kudus Bakal Pekerjakan Difabel Pakai Kuota TKO

 

MURIANEWS.com, Kudus – Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Kudus bakal memberikan kuota kerja pada para penyandang disabilitas di Kabupaten Kudus melalui tenaga kontrak dan outsourcing (TKO). Penyusunan sistem terkait hal ini pun akan segera dilakukan.

“Kami akan berkoordinasi dengan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk hal ini,” ucap Plt Bupati Kudus HM Hartopo saat menghadiri Peringatan Hari Disabilitas Internasional di Aula DPRD Kudus, Minggu (8/12/2019).

Pelaksanaannya pun akan diupayakan pada tahun depan. Setelah semua draf rampung disusun, maka pihaknya siap menerima para penyandang disabilitas dalam kuota tenaga kontrak dan outsourcing di lingkungan Pemkab Kudus. “Kami akan coba mengcover ini,” terangnya.

Sementara Ketua Forum Komunikasi Disabilitas Kudus (FKDK) Rismawan Yulianto mengatakan hingga kini keberadaan Undang-Udang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, sebagai payung hukum bagi kaum difabel  belum bisa dirasakan sepenuhnya oleh  mereka.

“Tak hanya aksebilitas di sebagian tempat pelayanan publik. Kemudahan dan kesetaraan hak dalam dunia kerja masih menjadi kendala bagi kami,” ucapnya.

Padahal dalam regulasi sudah jelas diatur jika perusahaan swasta berkewajiban merekrut setidaknya 1 persen karyawannya dari golongan penyandang disabilitas. Begitupun dengan perusahaan BUMN dan OPD yang mendapat jatah sebesar 2 persen untuk penyandang disabilitas.

“Ini belum kami rasakan sepenuhnya, kami harap ada jalan keluarnya,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...