Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

IPMAFA Pati Wisuda 191 Sarjana, Lulusan Didorong Terlibat Pembangunan Berkelanjutan

MURIANEWS.com, Pati – Sebanyak 191 mahasiswa Institut Pesantren Mathaliul Falah (IPMAFA) Pati resmi diwisuda, Sabtu (7/12/2019). Diharapkan, mereka tetap terlihat dalam pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Rektor IPMAFA Pati Abdul Ghofarrozin mengatakan, kampus termasuk mahasiswa mempunyai peranan penting untuk menyukseskan SDGs itu. Hanya, memang tidak semua 17 tujuan SDGs dilakukan.

“Kita bisa mengambil bagian dalam beberapa tujuan. Tadi kami mengatakan, ada empat tujuan dari 17 yang bisa kita perankan, seperti membangun pendidikan berkualitas, kesehatan dan ekosistem laut,” katanya.

Dia menilai, di beberapa daerah memang belum ada yang menangkap terkait isu-isu SDGs dan relefansinya. Namun, di Pati ini pemerintah daerah sudah memahami hal itu.

“Bagi kami di kampus, SDGs ini menjadi isu utama sebagai suporting utama pembagunan daerah. Maka kemudian, dari 17 isu yang ada di SDGs itu kita pilah, mana yang kemudian paling relefan di kabupaten Pati,” ujarnya.

Lebih lanjut, isu yang relefan itu bisa disesuaikan dengan kampus berbasis pesantren, relefan dengan kebutuhan masyarakat dan relefan dengan apa yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

“Harapan kami adalah kampus akan bekerja sama secara konstitutif dengan pemerintah daerah untuk mencapai beberapa isu SDGs yang perioritas ini,” terang Gus Rozin.

Selain isu pendidikan, Pati ini juga relefan dengan SDGs ekosistem laut. Apalagi, di Pati ini juga ada wilayah laut maupun pertambakan. Banyak juga masyarakat berprofesi sebagai nelayan.

“Yang tidak kalah penting adalah isu pengentasan kemiskinan. Untuk itu, nanti kita akan melihat capaian dan indikator-indikator SDGs untuk kita ukur dan nantinya kita implementasikan di sini (Pati), tutupnya.

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...