Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dinas Pertanian Usulkan Pembuatan Embung Atasi Kekurangan Air Irigasi di Kudus

0 77

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus mengusulkan pembangunan embung di wilayah Kabupaten Kudus. Usuan tersebut bertujuan untuk memudahkan petani mendapatkan air saat musim tanam. Apalagi, musim tanam pertama (MT I) tahun ini terbilang mundur.

“Kita akan melakukan evaluasi dan solusinya memang pembuatan embung,” jelas KepalaDinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Catur Sulistiyanto.

Ia mengatakan, saat ini Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus tengah mengusulkan pembuatan embung ke pemerintah Pusat. Rencananya pertengahan bulan ini, perwakilan pemerintah pusat akan datang untuk meninjau usulan tersebut.

“Ada beberapa wilayah yang diusulkan dari Dinas Pertanian dan Pangan untuk dijadikan embung. Seperti di wilayah Kecamatan Mejobo dan di Kecamatan Jekulo. Karena memang disana masih kekurangan air untuk pertanian,” jelasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga tengah mengusulkan optimalisasi pertanian di wilayah Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan. Ini mengingat di wilayah tersebut sering terjadi banjir, karena adanya limpahan sungai Londo.

“Untuk wilayah tersebut, memang sering terjadi banjir. Parahnya tahun ini ada sebanyak 3.225 hektare yang terendah banjir. Sehingga kami juga ngomong kepada pemerintah pusat untuk dikeruk,” ungkapnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.