Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Polisi Bakal Buru Botoh Berkeliaran Saat Pilkades di Pati

MURIANEWS.com, Pati – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Pati tinggal menghitung hari. Masyarakat diminta waspada terhadap botoh, karena dapat memengaruhi hak pilihnya.

Polisi bahkan memastikan akan memburu botoh yang beraksi selama pelaksanaan pilkades serentak di Pati yang akan digelar pada 21 Desember 2019 itu.

Kapolres Pati AKBP Bambang Yudhantara Salamun berharap, masyarakat jangan sampai terpancing dengan hal-hal yang bisa merusak hak pilihnya. Apalagi, diprediksi peredaran botoh di pilkades ini bakal cukup besar.

“Ingat bahwa pilihan adalah rahasia, jujur dan sesuai dengan hati nurani. Jangan sampai karena adanya pengaruh dari luar, kemudian dapat mempengaruhi pilihannya. Masyarakat harus waspada botoh,” katanya.

Adanya botoh yang dinilai dapat mengacaukan kondusifitas pelaksanaan pilkades ini, diakuinya sudah dilakukan pencegahan secara preventif dan preentif. Pihak-pihak yang dinilai mencurigakan, juga sudah dilakukan pengawasan ketat.

“Kami tidak akan menoleransi peran botoh saat pemungutan suara. Langkah tegas akan kami lakukan,” ujarnya.

Dia menambahkan, pada prinsipnya pilkades ini adalah agenda untuk memcari pemimpin terbaik. Sehingga, jangan sampai hal itu justru menjadikan masyarakat semakin terpecah belah.

“Ikatan satu desa itu benar-benar saudara. Sehingga kami harapkan masyarakat bisa menjaga kondusifitas pelaksanaan pilkades serentak ini,” terangnya.

Bambang menilai, ada beberapa pihak yang mencoba memanfaatkan pelaksanaan pilkades di Pati dengan menjadi botoh. Hal ini biasanya memengaruhi juga terhadap kerawanan. “Ini yang kami coba untuk memetakan wilayah kerawanan itu,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...