Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Grobogan Targetkan Peningkatan Partisipasi Pemilih Perempuan

MURIANEWS.com, Grobogan – Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo menargetkan untuk bisa meningkatkan angka partisipasi pemilih di setiap penyelenggaraan Pemilu, termasuk Pilkada. Terutama kenaikan partisipasi pemilih perempuan.

“Target peningkatan partisipasi pemilih perempuan ini ada beberapa tujuan. Salah satunya adalah untuk mendongkrak keterwakilan perempuan di setiap Pemilu,” tegas Agung dalam acara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema ‘Evaluasi peran pemilih perempuan dalam Pemilu 2019’, Jumat (6/12/2019).

Menurut Agung, pada pemilu 2019 lalu, jumlah pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) ada 1.122.269 orang. Terdiri, pemilih laki-laki sebanyak 557.711 orang (49,69 persen) dan pemilih perempuannya 564.558 orang (50,31 persen).

Adapun partisipasi kehadiran pemilih laki-laki sebanyak 410.017 orang atau 46 persen. Sedangkan partisipasi kehadiran pemilih perempuan sebanyak 467.181 orang atau 53 persen.

Untuk jumlah caleg yang terpilih jadi anggota DPRD Grobogan dinilai masih minim. Yakni, hanya ada keterwakilan enam perempuan dari total 50 anggota DPRD Grobogan.

“Prosentase keterwakilan perempuan di DPRD Grobogan hanya sekitar 12 persen saja. Pada pemilu 2014, ada tujuh perempuan yang dapat kursi di DPRD Grobogan,” imbuhnya.

Dalam FGD ini, pihak KPU Grobogan juga menghadirkan dua narasumber lainnya. Yakni, dosen Fisip Undip Teguh Yuwono dan komisioner KPU Provinsi Jateng Diana Ariyanti.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...