Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Perampok BRI di Brebes Ditembak Mati, Satu Pelaku Masih Buron

MURIANEWS.com, Brebes – Komplotan perampok Bank BRI Unit Negla Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, dibekuk polisi. Tiga pelaku berhasil diamankan dan dilumpuhkan dengan timah panas karena melawan.

Satu di antara tiga pelaku tewas tertembak karena terus melawan saat hendak ditangkap. Pelaku yang tewas diketahui bernama Agus Ariyanto (37) warga Ngawi, Jawa Timur.

Sementara dua pelaku lain yang ditangkap yakni Agus Suparlan (54) warga Depok Jabar, Jagat Abilowo (44) warga Kabupaten Serang, Banten. Saat ini polisi masih memburu satu pelaku lain yang sempat kabur saat digerebek.

Kasat Reskrim Polres Brebes AKP Triagung Suryomincho mengatakan, satu pelaku dinyatakan meninggal dunia saat dibawa ke RSUD Brebes.

“Satu dari pelaku tewas. Dia melawan sehingga petugas melakukan tindakan tegas dan terbatas. Dia ditembak dan meninggal saat akan dibawa ke RSUD Brebes,” katanya dikutip dari detik.com, Jumat (6/12/2019).

Komplotan ini melakukan permapokan Bank BRI pada Jumat (29/11/2019) dini hari lalu. Mereka menodong satpam menggunakan senjata tajam dan disekap. Mereka kemudian berhasil membobol brangkas dan membawa uang milik bank Rp 466.766.800.

Usai menguras isi brangkas, pelaku merusak CCTV dan kabur menggunakan mobil.

“Dari kejadian itu, polisi melakukan penyelidikan untuk mengungkap para pelaku. Dari keterangan saksi dan hasil olah tempat kejadian perkara, polisi mengidentifikasi empat orang sebagai pelaku,” kata Triagung.

Untuk melakukan penangkapan, tim gabungan dari Unit Jatanras Ditreskrimum Polda Jateng, Resmob Polres Brebes, serta Unit Reskrim Polsek Losari dikerahkan.

Sementara itu, Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono seperti dikutip dari panturapost.com menyebut, para pelaku merupakan residivis kasus serupa. Mereka tercatat baru saja keluar dari penjara pada bulan September 209 lalu.

Salah satu pelaku, Agus Suparlan mengatakan, sebelum melakukan aksinya mereka telah mempelajari situasi di bank tersebut.

Dari aksi itu mereka berhasil membawa kabur uang Rp 460 juta lebih. Uang itu kemudian dibagi rata. “Kalau saya, uangnya digunakan untuk membayar hutang dan membeli motor,” akunya.

Kini polisi masih mengembangkan kasus itu dan memburu satu pelaku lain yang masih buron. Mereka yang tertangkap akan dijerat dengan 265 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan. Ancaman hukumannya Sembilan tahun penjara.

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha
Sumber: detik.com, panturapost.com