Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

DPRD Minta Pembangunan Trotoar di Kudus Ramah Difabel

MURIANEWS.com, Kudus – DPRD Kabupaten Kudus meminta pemenuhan akses publik terutama trotoar yang ada di Kudus harus ramah difabel. Pasalnya, banyak trotoar yang ternyata tidak ramah dan justru menyulitkan para penyandang disabilitas.

“Memang ada beberapa akses publik salah satunya trotoar di Kudus yang belum ramah dengan disabilitas,” jelas Wakil Ketua Komisi C DPRD Kudus Anis Hidayat kepada wartawan, Jumat (6/12/2019).

Ia mengatakan, dari DPRD Kudus mendorong agar pemerintah daerah memenuhi akses publik yang ramah dengan difabel. Seperti trotoar ini bisa dirasakan oleh semua masyarakat.

Sejauh ini, sudah ada trotoar yang sudah memenuhi akses bagi difabel. Seperti trotoar yang ada di Jalan Menur sudah memenuhi akses bagi disabilitas. Meskipun demikian, ia berharap ke depan agar semua trotoar di Kudus bisa diakses para difabel.

Ketua Forum Komunikasi Disabilitas Kudus Rismawan Yulianto mengakui di Kudus masih banyak akses publik yang ramah dengan difabel. Salah satunya adalah trotoar.

“Baru 10 persen saja yang sudah memenuhi akses bagi difabel, 90 persen masih belum,” jelasnya.

Oleh karena itu, ia berharap kepada pemerintah daerah untuk memenuhi akses publik bagi disabilitas di Kudus. Sehingga pembangunan bisa dinikmati oleh semua pihak.

Kasi Drainase PUPR Kabupaten Kudus Bimo Sekti Bagus Tohari mengatakan, untuk pekerjaan proyek trotoar di Kudus tahun ini sudah memenuhi untuk akses bagi difabel. Seperti di jalan menur, Jalan pemuda, dan Jalan Pemuda.

“Untuk pembangunan trotoar di Kudus tahun ini yang sedang dikerjakan ada sebanyak lima titik. Itu semua sudah memenuhi akses difabel,” jelasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...