Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pembangunan Fisik di Jepara Tahun 2019 Meleset dari Target

MURIANEWS.com, Jepara – Progres pembangunan fisik di Kabupaten Jepara tahun 2019 ini tidak memenuhi target. Meski demikian bilan dibanding tahun sebelumnya, progres pembangunan tahun ini mengalami peningkatan.

Kabag Pembangunan dan Pengadaan Barang/Jasa di Sekda Jepara, Hasannudin Hermawan, menyatakan, secara kumulatif target pembangunan fisik tidak tercapai. Dari target fisik 88,47 persen, saat ini baru terelaisasi sebesar 84,77 persen.

Sehingga masih kurang sekitar 3,7 persen dari target yang telah ditetapkan. Ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini terjadi.

Di antaranya karena ada beberapa kegiatan fisik yang bersumber dari dana Perubahan APBD Jepara 2019.

“Penyebab lainnya adalah juga karena ada kegiatan fisik yang didanai oleh dana Perubahan APBD Provinsi Jawa Tengah. Baik dari perubahan Dana APBD 2019 Jepara dan Perubahan APBD Jawa Tengah 2019, saat ini masih berproses,” ujar Hasannudin Hermawan, Kamis (5/12/2019).

Terpisah, Plt Bupati Jepara, Dian Kristiandi membenarkan hal ini. Kendati masih di bawah target tahun ini, pihaknya menyatakan tetap cukup puas atas kinerja penyerapan anggaran, dan kinerja capaian fisik tersebut.

Sebab jika dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama, capaian kegiatan fisik telah mengalami peningkatan, yakni sekitar 2 persen. Demikian pula atas realisasi penyerapan keuangan, dari 64 persen menjadi 68 persen, atau naik sekitar 4 persen.

“Yang terpenting adalah kami mengajak semuanya terus melakukan pengawasan. Jangan sampai ada pimpinan perangkat daerah yang tidak mengetahui, apa yang dilakukan jajarannya,” terangnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...