Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Permintaan Evakuasi Sarang Tawon Ndas di Grobogan Meningkat

0 148

MURIANEWS.com, GroboganSetelah musibah kebakaran mereda, petugas damkar di Grobogan kini disibukkan dengan tugas lainnya yang sangat jarang dilakukan sebelumnya. Yakni, mengevakuasi sarang tawon ndas atau yang sekarang juga dikenal dengan nama tawon vespa.

Kabid Damkar Satpol PP Grobogan Gogot Cahyanto mengungkapkan, dalam sepekan terakhir, pihaknya sudah melakukan evakuasi sarang tawon di enam tempat. Yakni, di Kelurahan Kalongan, dan Desa Candisari, Kecamatan Purwodadi.

Kemudian, evakuasi sarang lainnya ada di Kampung Pucang, Kelurahan Grobogan dan Desa Putatsari, Kecamatan Grobogan. Dua lokasi lagi ada di Desa/Kecamatan Pulokulon, dan Desa/Kelurahan Tawangharjo.

Menurut Gogot, pihaknya saat ini juga sedang mempersiapkan evakuasi sarang tawon di beberapa tempat. Hal ini menyusul banyaknya permintaan evakuasi sarang tawon dari masyarakat.

“Hari ini, ada lima permintaan evakuasi sarang tawon di lokasi yang berbeda. Saat ini, sedang kita persiapkan petugas yang akan melakukan evakuasi. Permintaan evakuasi sarang tawon ndas ini memang banyak sekali akhir-akhir ini setelah ada berita serangan tawon pada warga di luar daerah,” kata Gogot, Kamis (5/12/2019).

Ia menambahkan, untuk pelaksanaan evakuasi sarang tawon biasanya dilakukan pada malam hari. Alasannya, saat malam, hampir semua tawon berada dalam sarang sehingga memudahkan dalam penanganan dibandingkan jika melakukan evakuasi pada malam hari.

“Setelah menerima laporan, biasanya kita survei lokasinya dulu saat siang hari. Untuk evakuasi sarangnya kita lakukan malam hari karena lebih memudahkan. Kalau evakuasinya siang, tawonnya banyak yang keluar sarang sehingga bisa membahayakan petugas maupun warga sekitar,” imbuhnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.