Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Polres Pati Sebut Ada Dua Desa Paling Rawan saat Pilkades Serentak

MURIANEWS.com, Pati – Dari 122 desa yang akan menyelenggarakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Pati, dua di antaranya dinyatakan rawan. Data ini diperoleh dari hasil pemetaan Polres Pati.

Kapolres Pati AKBP Bambang Yudhantara Salamun mengatakan, setidaknya ada dua yang dinyatakan rawan. Kerawanan itu bisa dilihat dari sisi historis maupun lawan politik yang sedang berkompetisi.

“Terkait desa mana saja, nanti akan kami sampaikan. Yang jelas ada dua desa (rawan) dari 122 desa penyelenggara pilkades,” katanya, Kamis (5/12/2019).

Lebih lanjut, untuk 120 desa penyelenggara lainnya dinyatakan aman dan minim konflik. Hanya saja, pihaknya akan terus melakukan pengkajian sampai pelaksanaan pilkades benar-benar kondusif.

“Semuanya masih dalam pantauan. Saya ini kan baru bertugas di Pati, jadi beri kami waktu,” ujarnya.

Terkait dengan pengamanan, pihaknya mengaku akan menerjunkan 1.359 personel. Masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan dijaga oleh lima personel. Sedangkan khusus untuk desa yang rawan, nantinya akan dijaga oleh delapan personel.

“Kami juga melibatkan personel polisi dari luar daerah, termasuk nanti juga ditambah dari TNI. Nanti kita tambah lagi dengan anggota yang patroli,” terangnya.

Dirinya berharap, pelaksanaan pilkades serentak di Pati Pada 21 Desember 2019 mendatang, dapat berlangsung dengan aman, damai dan kondusif.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...