Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Oknum Pejabat Dishub Pati Diduga Pungli Parkir, Puluhan Jukir Geruduk Kantor Bupati

MURIANEWS.com, Pati – Puluhan juru parkir (Jukir) yang tergabung dalam Paguyuban Wong Pati Madani menggeruduk Kantor bupati Pati, Kamis (5/12/2019). Mereka menuntut agar salah satu oknum pejabat di Dinas Perhubungan (Dishub) yang berkaitan dengan masalah parkir diadili.

Pasalnya, pejabat tersebut diduga telah melakukan pungutan liar (pungli) terhadap para juru parkir.

Ketua Paguyuban Wong Pati Madani Cahaya Basuki menyebut, oknum yang sering melakukan pungli itu adalah PNS yang menjabat sebagai Kasi Parkir di Dishub Pati berinisial BH.

Menurut dia, setiap malam oknum tersebut sering menarik uang ke tukang parkir, tetapi tanpa didasari regulasi yang jelas. Sehingga mereka menilai, itu adalah perbuatan pungli.

Menurut dia, tiap kali tukang parkir memberikan setoran parkir kepada oknum pejabat itu, mereka tak pernah diberi kuitansi.

“Kalau tidak ada kuitansi, cuma tanda tangan saja, itu kan tidak benar. Aturannya ada atau tidak? jangan hanya meminta setor, tetapi tanda buktinya tidak ada,” katanya.

Lebih dari itu, atas dugaan pungli yang dilakukan oleh oknum tersebut, pihaknya juga meminta agar bupati Pati secara tegas menindak. Karena, perbuatannya sudah sangat meresahkan para petugas parkir.

“Yang pernah saya alami seperti ini. Saya dapat uang Rp 10 ribu dari hasil parkir kendaraan sebanyak 10 unit. Lha, uang itu saya setorkan ke Kasi Parkir Dishub. Kemudian oleh Kasi Parkir, saya dikasih Rp 5.000. Kemudian saya diminta tandatangan, tetapi tidak diberikan kuitansi. Ini kan tidak benar,” tegasnya.

Baca juga: 

Mereka menuntut agar oknum tersebut segera dipecat. Jika tidak memungkinkan untuk dipecat, oknum tersebut harus dirotasi ke luar daerah. “Kalau dipindah, silahkan ke kabupaten lain, yang penting jangan di Pati,” pungkasnya.

Dalam aksi itu, mereka juga menginginkan agar dapat bertemu dengan Bupati Pati Haryanto dan Wakil Bupati Saiful Arifin. Hanya saja, keduanya tidak ada di kantor. Mereka akhirnya ditemui Kepala Dishub Pati Sudarlan dan Kapolres Pati AKBP Bambang Yudhantara Salamun.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...