Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Awali Peringatan Hari Jadi Blora, Bupati dan Pejabat Ziarah ke Makam Leluhur

0 99

MURIANEWS.com, Blora – Rangkaian peringatan Hari Jadi ke-270 Kabupaten Blora dimulai hari ini, Rabu (4/12/2019). Pada tahap awal dilangsungkan acara ziarah ke makam bupati masa lalu serta leluhur Blora.

Ziarah leluhur ini menjadi kegiatan pembuka dalam peringatan hari jadi yang puncaknya akan diperingati pada tanggal 11 Desember mendatang. Ziarah diikuti oleh Bupati Djoko Nugroho, Wakil Bupati Arief Rohman, jajaran Forkopimda, Kepala OPD dan sejumlah tokoh agama. Saat ziarah ini, bupati, wakil bupati dan rombongan mengenakan pakaian adat Jawa.

Ziarah dimulai di Komplek Makam Tirtonatan Desa Ngadipurwo, Kecamatan Blora. Pada lokasi pemakaman ini terdapat peristirahatan terakhir delapan Bupati Blora tempo dulu.

Selain Makam Tirtonatan, ziarah dilanjutkan ke komplek Makam Sunan Pojok yang ada di selatan Alun-alun Blora. Dari makam Sunan Pojok, rombongan beralih ke Kecamatan Cepu untuk melakukan ziarah ke makam Bupati Blora tahun 1999-2007 Basuki Widodo.

Sedangkan rombongan lainnya ada yang melakukan ziarah ke makam Alm. Bupati Mr. Iskandar di makam keluarga (utara Gudang Banyu), dan makam Mbah Janjang di Desa Janjang, Kecamatan Jiken.

“Alhamdulillah hari ini kita bisa melaksanakan ziarah bersama ke makam para bupati terdahulu dan para leluhur sebagai awal kegiatan Hari Jadi ke 270 Kabupaten Blora. Ziarah sengaja kami lakukan di awal rangkaian kegiatan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada beliau beliau yang telah wafat. Semoga semuanya dalam keadaan husnul khotimah dan ditempatkan di surganya Allah SWT,” kataBupati Djoko Nugroho.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Setda Blora Sugiyanto menambahkan, kegiatan ziarah tidak hanya dilakukan di dalam daerah saja. Namun juga ada agenda ziarah ke luar daerah. Yakni, ke makam bupati terdahulu yang dimakamkan di luar kota.
“Kamis hingga Jumat besok akan dilakukan ziarah ke Semarang, Temanggung, Yogyakarta, dan Solo. Sedangkan tanggal 12 Desember akan ada ziarah ke Tuban (Jatim),” jelasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.