Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Seniman Jepara Dijanjikan Gedung Pertunjukan Seni Budaya

MURIANEWS.com, Jepara – Pemkab Jepara berencana membangun Gedung Pertunjukan Seni Budaya. Rencana ini merupakan bagian dari komitmen untuk memberikan support dalam usaha pengembangan seni budaya di Jepara.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jepara Dian Kristiandi menyatakan, rencana ini masih dalam proses perencanaan. Termasuk menentukan lokasi terbaik untuk pembangunan gedung tersebut.

Namun demikian, beberapa lokasi sudah dilihat. Salah satunya adalah lokasi yang berada di Pakisaji. Kebetulan ada lahan yang dikelola Perumda Aneka Usaha, Jepara bisa dimanfaatkan.

“Gedung pertunjukan itu harapannya bisa menampung sekitar lima ribu penonton. Sehingga dengan demikian akan ada kegiatan-kegiatan seni budaya dalam skala besar bisa dilakukan,” ujar Dian Kristiandi, Rabu (4/12/2019).

Untuk selanjutnya, Dian Kristandi meminta agar para seniman yang ada di Jepara bisa bersinergi dengan pemerintah dalam mengembangkan seni budaya yang ada. Bersama-sama meningkatkan kepedulian dan menyelamatkan seni budaya  tradisi yang saat ini terancam.

Bahkan ada beberapa seni budaya tradisi asli Jepara yang mungkin sudah bisa dikatakan punah. Pemkab Jepara dalam hal ini berharap para seniman bisa menghidupakannya lagi.

“Pemkab Jepara siap memberikan dukungan terhadap pengembangan seni tanpa membedakan jenis keseniannya. Semuanya kami support. Terlebih seni budaya yang berasal dari Jepara, meski juga yang berasal dari wilayah-wilayah lain. Seni budaya sebenarnya tak terbatas sehingga menjadikannya sebagai pilar dan sendi kehidupan,” tambahnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...