Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Puluhan Korban Rumah Terbakar di Pati Dikucuri Bantuan

0 77

MURIANEWS.com, Pati – Puluhan korban bencana kebakaran menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten Pati. Mereka mendapat bantuan mulai dari Rp 4 juta hingga Rp 10 juta. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis di ruang Penjawi, Rabu (4/12/2019).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pati Subawi mengatakan, bantuan itu diserahkan atas dasar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 16 Tahun 2018 tentang APBD 2019, Perbup 131 Tahun 2018 terkait penjabaran APBD tahun 2019, dan Perbup Nomor 80 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksaan Pemberian Bantuan Sosial Bersumber dari APBD.

“Pemberian bantuan ini korban yang rumahnya terbakar, baik rumah permanen maupun semi permanen dengan nominal Rp 4 juta. Sedangkan rumah semi permanen roboh, hangus paling banyak Rp 7,5 juta. Rumah permanen roboh, hangus sebanyak Rp 10 juta,” jelasnya.

Ia menyebut, rumah semi permanen yang mengalami kerusakan akibat bencana itu yang dikucuri bantuan sebanyak empat unit. Sedangkan rumah rusak hangus akibat kebakaran sebanyak 16 unit.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto mengatakan, bantuan ini diberikan untuk meringankan beban para korban.

Ia menyebut, meski dengan proses panjang, rata-rata rata-rata korban sudah mendapat bantuan dari Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD), Palang Merah Indonesia (PMI), Dinas sosial, meskipun hanya bersifat logistik.

“Ada beberapa orang yang mendapat Rp 10 juta, karena hangus rumahnya. Itu  bentuk kepedulian pemerintah. Karena, bencana itu tidak bisa dintanggung sendiri,” jelasnya.

Bupati menyebut, mereka patut bersyukur lantaran masih diberikan keselamatan. Ia berharap jika bagi yang mendapatkan musibah itu untuk yang pertama dan yang terakhir.

“Terkait bantuan, nilainya memang tidak seberapa. tapi silahkan dimanfaatkan. Bisa juga sebagai penyempurnaan rumah,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.